ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS DENGAN METODE SIX SIGMA-DMAIC DALAM UPAYA MENGURANGI ANGKA KECACATAN PRODUK BULU MATA DI PT. TIGA PUTRA ABADI PERKASA PURBALINGGA

EKA RUMPOKO ADI , NIM. 09660012 (2014) ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS DENGAN METODE SIX SIGMA-DMAIC DALAM UPAYA MENGURANGI ANGKA KECACATAN PRODUK BULU MATA DI PT. TIGA PUTRA ABADI PERKASA PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS DENGAN METODE SIX SIGMA-DMAIC DALAM UPAYA MENGURANGI ANGKA KECACATAN PRODUK BULU MATA DI PT. TIGA PUTRA ABADI PERKASA PURBALINGGA )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (843kB) | Preview
[img] Text ( ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS DENGAN METODE SIX SIGMA-DMAIC DALAM UPAYA MENGURANGI ANGKA KECACATAN PRODUK BULU MATA DI PT. TIGA PUTRA ABADI PERKASA PURBALINGGA )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sistem pengendalian kualitas produk bulu mata di PT. Tiga Putra Abadi Perkasa serta mencari penyebab-penyebab kerusakan produk. Produk cacat seringkali disebabkan oleh sistem pengendalian kualitas yang tidak baik. Oleh sebab itu pengendalian kualitas sangat penting bagi perusahaan untuk mendapatkan produk yang baik. Salah satu cara untuk menghasilkan produk yang baik adalah dengan menggunakan metode Six Sigma. Dalam penelitian ini data yang digunakan merupakan data kecacatan historis bulan Juni sampai bulan Agustus 2013 serta wawancara dan observasi langsung sebagai data pendukung. Penelitian ini menggunakan konsep Six Sigma DMAIC. Tahap define dilakukan pendefinisian yang didalamnya digunakan tools seperti SIPOC dan diagram Pareto. Selanjutnya menghitung nilai sigma dan menentukan tingkat prosentase kecacatan produk dengan menggunakan P chart yang dilakukan pada tahap measure. Tahap analyze yaitu melakukan analisis faktor penyebab terjadinya kerusakan produk dan kegagalan proses dengan menggunakan diagram Fishbone dan FMEA. Kemudian tahap selanjutnya adalah improve, pada tahap ini dilakukan usulan perbaikan menggunakan 5W-1H. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pengendalian kualitas di PT. Tiga Putra Abadi Perkasa sudah cukup baik namun masih perlu dilakukan perbaikan. Kerusakan produk bulu mata rata-rata 1,39% dan dari hasil analisis menggunakan diagram pareto diperoleh lima CTQ kunci yaitu jenis kecacatan prutul sebesar 30,68%, rusak knitting sebesar 22,64%, pecah sebesar 13,18%, knot geser sebesar 9,7% dan kena obat sebesar 7,2%. Dari perhitungan DPMO dan tingkat sigma bulan Juni sampai Agustus 2013 diperoleh nilai DPMO untuk bulan Juni sebesar 2768,94 dengan tingkat sigma 4,28. Untuk bulan Juli diperoleh nilai DPMO 2792,58 dengan tingkat sigma 4,27 sedangkan untuk Bulan agustus sebesar 2785,43 dengan tingkat sigma 4,27 sehingga diperoleh rata-rata pada level 4,275 sigma, sedangkan dari faktor penyebab kerusakan paling dominan adalah manusia, diikuti faktor mesin, material, metode dan lingkungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Kifayah Amar, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Keywords: Six sigma, DMAIC, FMEA, DPMO
Subjects: Tehnik Industri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 03 Jun 2014 15:57
Last Modified: 26 Jan 2022 10:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12676

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum