PENGARUH SIKAP, NORMA SUBJEKTIF DAN KONTROL KEPERILAKUAN TERHADAP NIAT PEDAGANG PASAR UNTUK MEMANFAATKAN FASILITAS PEMBIAYAAN PADA KOPERASI JASA KEUANGAN SYARIAH DI YOGYAKARTA

MUH. AMRI CAHYADI, NIM. 09390116 (2013) PENGARUH SIKAP, NORMA SUBJEKTIF DAN KONTROL KEPERILAKUAN TERHADAP NIAT PEDAGANG PASAR UNTUK MEMANFAATKAN FASILITAS PEMBIAYAAN PADA KOPERASI JASA KEUANGAN SYARIAH DI YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH SIKAP, NORMA SUBJEKTIF DAN KONTROL KEPERILAKUAN TERHADAP NIAT PEDAGANG PASAR UNTUK MEMANFAATKAN FASILITAS PEMBIAYAAN PADA KOPERASI JASA KEUANGAN SYARIAH DI YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH SIKAP, NORMA SUBJEKTIF DAN KONTROL KEPERILAKUAN TERHADAP NIAT PEDAGANG PASAR UNTUK MEMANFAATKAN FASILITAS PEMBIAYAAN PADA KOPERASI JASA KEUANGAN SYARIAH DI YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (950kB)

Abstract

Sektor keuangan mikro saat ini mulai menggeliat menjadi sasaran empuk bagi lembaga keuangan baik konvensional mau pun syariah. Pasar tradisional pun sekarang dijadikan lading untuk pencarian nasabah baru baik itu tabungan mau pun pembiayaan. Salah satu penyedia jasa pembiayaan di pasar tradisional adalah rentenir. Rentenir yang menawarkan berbagai kemudahan dalam transaksinya nyata-nyata masih dibutuhkan oleh pedagang pasar. Padahal jika dihitung apa yang ditawarkan rentenir sebenarnya sangat merugikan pedagang pasar. Hal tersebut mendorong hadirnya koperasi jasa keuangan syariah sangat dibutuhkan oleh pedagang pasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sikap, norma subjektif dan kontrol keperilakuan terhadap niat pedagang pasar untuk melakukan pembiayaan pada koperasi jasa keuangan syariah di Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling jenis purposive sampling. Data yang dikumpulkan melalui kuesioner dengan skala model likert yang mengukur variabel – variabel sikap, norma subjektif, kontrol keperilakuan dan niat pedagang pasar untuk melakukan pembiayaan pada koperasi jasa keuangan syariah. Penelitian ini sampel yang digunakan berjumlah 100 orang yang berstatus pedagang pasar diambil dari 4 pasar di kota Yogyakarta. Analisis data menggunakan regresi berganda. Seluruh data dianalisis dengan menggunakan SPSS versi 19. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa sikap secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap niat pedagang pasar untuk melakukan pembiayaan pada koperasi jasa keuangan syariah; Norma subjektif secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap niat pedagang pasar untuk melakukan pembiayaan pada koperasi jasa keuangan syariah; Kontrol keperilakuan secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap niat pedagang pasar untuk melakukan pembiayaan pada koperasi jasa keuangan syariah; Sikap, norma subjektif dan kontrol keperilakuan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat pedagang pasar untuk melakukan pembiayaan pada koperasi jasa keuangan syariah. Kata kunci: Sikap, Norma Subjektif, Kontrol Keperilakuan, Niat, Pedagang Pasar, Koperasi Jasa Keuangan Syariah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING: 1. Dr. H. SYAFIQ M. HANAFI, M. Ag 2. JOKO SETYONO, S.E, M. Si
Uncontrolled Keywords: Sikap, Norma Subjektif, Kontrol Keperilakuan, Niat, Pedagang Pasar, Koperasi Jasa Keuangan Syariah.
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 12 Jun 2014 08:03
Last Modified: 26 Sep 2016 14:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12770

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum