HUBUNGAN ANTARA PENYESUAIAN SOSIAL DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB DI JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA TAHUN AKADEMIK 2013/2014

NAFI’ATUL FADLILAH , NIM.10420071 (2014) HUBUNGAN ANTARA PENYESUAIAN SOSIAL DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB DI JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA TAHUN AKADEMIK 2013/2014. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA PENYESUAIAN SOSIAL DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB DI JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA TAHUN AKADEMIK 2013/2014)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA PENYESUAIAN SOSIAL DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB DI JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA TAHUN AKADEMIK 2013/2014)
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

NAFI’ATUL FADLILAH. Hubungan Antara Penyesuaian Sosial dengan Prestasi Belajar Bahasa Arab di Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Tahun Akademik 2013/2014. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penyesuaian sosial dan prestasi belajar bahasa Arab mahasiswa angkatan 2011 jurusan Pendidikan Bahasa Arab UIN Sunan Kalijaga dalam belajar bahasa Arab, serta tinjauan kedua variabel berdasarkan jenis kelamin dan rentang usia. Dengan penelitian ini diharapkan dapat memberi masukan dalam meningkatkan pembelajaran bahasa Arab, khususnya pembelajaran bahasa Arab di jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan menggunakan metode korelasional. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2011 jurusan Pendidikan Bahasa Arab yang seluruhnya berjumlah 144 mahasiswa. Untuk penarikan sampel, penelitian ini menggunakan simple random sampling, yaitu pengambilan sampel secara acak dan tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi tersebut. Adapun sampel yang diambil peneliti hanya 36 mahasiswa atau sebanyak 25% dari jumlah keseluruhan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengkajian instrumen menggunakan uji validitas dan uji reabilitas. Analisis hubungan penyesuain sosial dengan prestasi belajar bahasa Arab menggunakan uji korelasi product moment dengan bantuan program komputer SPSS 16. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penyesuaian sosial dan prestasi belajar bahasa Arab mahasiswa angkatan 2011 jurusan Pendidikan Bahasa Arab samasama berada pada kategori rangking sedang. Terdapat hubungan antara kedua variabel tersebut. Hubungan kedua variabel tersebut adalah hubungan yang positif, yang berarti apabila penyesuaian sosial tinggi maka prestasi belajar akan meningkat, dan apabila penyesuaian sosial rendah maka prestasi belajar akan menurun. Hal ini ditunjukkan dengan angka signifikansi sebesar 0,003 yang lebih kecil dari 0,05 dan angka koefisien korelasi sebesar 0,487 yang bertanda positif. Hubungan ini cukup kuat, karena angka koefisien korelasi yang hampir mendekati 1. Penyesuaian sosial hanya memberikan sumbangan sebesar 23,7% terhadap prestasi belajar bahasa Arab. Hal tersebut ditunjukkan dengan angka koefisien determinasi sebesar 0,237. Berdasarkan jenis kelamin laki-laki dan perempuan, ada kecenderungan penyesuaian sosial dan prestasi belajar bahasa Arab yang lebih baik pada mahasiswa perempuan daripada mahasiswa laki-laki. Berdasarkan rentang usia, ada kecenderungan penyesuaian sosial yang lebih baik pada rentang usia 21-22 tahun daripada rentang usia 19-20 tahun. Sedangkan prestasi belajar bahasa Arab ditinjau dari segi rentang usia, keduanya sama (tidak ada perbedaan kecenderungan mana yang lebih baik diantara keduanya).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Radjasa Mu’tasim, M. Si.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Penyesuaian Sosial, Prestasi Belajar Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 17 Jun 2014 13:20
Last Modified: 21 Jul 2017 13:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12853

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum