PENGARUH REAKSI PASAR TERHADAP PENERBITAN SUKUK (EVENT STUDY PADA PERUSAHAAN - PERUSAHAAN YANG MENERBITKAN SUKUK DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2007-2013)

FAHMI NASHIRUL HAQ ASH SHIDIQ, NIM. 09390041 (2013) PENGARUH REAKSI PASAR TERHADAP PENERBITAN SUKUK (EVENT STUDY PADA PERUSAHAAN - PERUSAHAAN YANG MENERBITKAN SUKUK DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2007-2013). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH REAKSI PASAR TERHADAP PENERBITAN SUKUK (EVENT STUDY PADA PERUSAHAAN - PERUSAHAAN YANG MENERBITKAN SUKUK DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2007-2013) )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH REAKSI PASAR TERHADAP PENERBITAN SUKUK (EVENT STUDY PADA PERUSAHAAN - PERUSAHAAN YANG MENERBITKAN SUKUK DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2007-2013))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan efek syari’ah di Indonesia, terutama pada sukuk mengalami menunjukan perkembangan yang cukup cepat. Penerbitan sukuk sampai maret 2013 ini tercatat sudah 60 penerbitan. Sukuk diperkirakan bisa memberikan informasi terhadap pasar akan investasi yang dikeluarkan oleh perusahaan. Baik informasi yang positif maupun negatif dari peristiwa penerbitan Sukuk, maka akan berdampak pada return saham perusahaan. Jika investor memandang positif peristiwa penerbitan sukuk, maka return saham perusahaan akan mengalami kenaikan seiring naiknya harga saham perusahaan. Sebaliknya, jika investor memandang negatif peristiwa penerbitan sukuk, maka return saham perusahaan akan mengalami penurunan seiring menurunnya harga saham perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan adanya ratarata abnormal return dan rata-rata trading volume activity yang signifikan di sekitar event pengumuman penerbitan penerbitan pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2007-2013. Penelitian ini menggunakan periode pengamatan 10 hari sebelum penerbitan, pada hari peristiwa (event date) dan 10 hari setelah penerbitan sukuk korporasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah event study yang akan mengamati pergerakan rata-rata abnormal return dan rata-rata trading volume activity sekitar penerbitan sukuk korporasi di Bursa Efek Indonesia. Untuk menguji adanya rata-rata abnormal return dan rata-rata trading volume activity yang signifikan di sekitar event pengumuman penerbitan dilakukan uji beda dua rata-rata menggunakan uji t statistik. Hipotesis dalam penelitian ini adalah adanya rata-rata abnormal return dan rata-rata trading volume activity yang sognifikan disekitar pengumuman penerbitan sukuk korporasi. Hasil dari penelitian ini mempunyai nilai rata-rata abnormal return signifikan pada t-9,t-7, t0, t+8, t+9 yang menyatakan terdapat informasi terhadap investor, namun perbedaan yang signifikan tersebut menjelaskan adanya penurunan return saham, sedangkan pada trading volume activity terdapat perbedaan yang signifikan disekitar penerbitan sukuk pada periode pengamatan, akan tetapi rata-rata mengalami penurunan sesudah penerbitan sukuk, sehingga tidak terlihat kemakmuran pada investor pada penerbitan sukuk, investor cenderung melakukan wait and see terhadap penerbitan efek sukuk dikarenakan masih ada beberapa perubahan dalam perkembangannya. Kata Kunci : Penerbitan sukuk, abnormal return, volume trading activity, event study.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING : 1. SUNARSIH, SE, M.SI 2. H. M. YAZID AFANDI, M.AG
Uncontrolled Keywords: Penerbitan sukuk, abnormal return, volume trading activity, event study.
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 17 Jun 2014 13:32
Last Modified: 23 Feb 2023 13:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12856

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum