Izzatin Nuril Lathifah, NIM.: 03450469 (2008) PENINGKATAN KEMAMPUAN PRESENTASI DAN REFLEKSI MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI POKOK BAHASAN SISTEM PENCERNAAN DAN SISTEM PEREDARAN DARAH KELAS VIII E MTsN LASEM REMBANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (PENINGKATAN KEMAMPUAN PRESENTASI DAN REFLEKSI MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI POKOK BAHASAN SISTEM PENCERNAAN DAN SISTEM PEREDARAN DARAH KELAS VIII E MTsN LASEM REMBANG)
03450469_BAB I_BAB PENUTUP dan DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (16MB) | Preview |
|
|
Text (PENINGKATAN KEMAMPUAN PRESENTASI DAN REFLEKSI MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI POKOK BAHASAN SISTEM PENCERNAAN DAN SISTEM PEREDARAN DARAH KELAS VIII E MTsN LASEM REMBANG)
03450469_BAB II sampai BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (33MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pendekatan konstruktivisme dapat dilaksanakan oleh siswa kelas VIII E MTsN Lasem Rembang pada materi Sistem Pencernaan dan Sistem Peredaran Darah dan berapa siklus yang dibutuhkan untuk meningkatkan kemampuan presentasi dan kemampuan refleksi siswa. Selain itu juga untuk mengetahui peningkatan apa yang terjadi pada siklusnya. Desain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII E MTsN Lasem Rembang tahun ajaran 2007-2008. Data yang dikumpulkan berupa data keterlaksanaan tindakan kelas dan data kemampuan siswa dalam presentasi serta data kemampuan refleksi siswa. Data keterlaksanaan tindakan kelas dianalisis secara kualitatif sedangkan data kemampuan presentasi dan refleksi siswa dianalisis secara deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan pendekatan konstruktivisme dapat meningkatkan kemampuan presentasi dan refleksi siswa kelas VIII E MTsN Lasem Rembang dalam materi Sistem Pencernaan dan Sistem Peredaran Darah. Peningkatan kemampuan presentasi dapat dilihat dari meningkatnya kemampuan siswa dalam menguasai beberapa aspek yang dikembangkan dalam melakukan presentasi. Peningkatan refleksi siswa dapat dilihat dari meningkatnya persentase siswa dalam bebrapa aspek yang dikembangkan pada kedua siklusnya.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Pembimbing: Drs. Sudjoko, M.S. |
| Uncontrolled Keywords: | PTK, Konstruktivisme, Kemampuan Presentasi, Refleksi. |
| Subjects: | 500 Sains Murni > 570 Biologi, Ilmu Hayat > 570.7 Pendidikan Biologi |
| Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1) |
| Depositing User: | Muh Khabib, SIP. |
| Date Deposited: | 14 Oct 2024 08:30 |
| Last Modified: | 14 Oct 2024 08:33 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1288 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
