EFEKTIFITAS PENGGUNAAN METODE MENGAJAR EKSPERIMEN DENGAN MODEL MENGAJAR DELIK SERTA PENGARUH SIKAP SISWA PADA PELAJARAN FISIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR (SISWA KELAS X SMA KOLOMBO YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2007/2008)

M. Yulinizar Asif, NIM.: 03460528 (2008) EFEKTIFITAS PENGGUNAAN METODE MENGAJAR EKSPERIMEN DENGAN MODEL MENGAJAR DELIK SERTA PENGARUH SIKAP SISWA PADA PELAJARAN FISIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR (SISWA KELAS X SMA KOLOMBO YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2007/2008). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIFITAS PENGGUNAAN METODE MENGAJAR EKSPERIMEN DENGAN MODEL MENGAJAR DELIK SERTA PENGARUH SIKAP SISWA PADA PELAJARAN FISIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR (SISWA KELAS X SMA KOLOMBO YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2007/2008))
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIFITAS PENGGUNAAN METODE MENGAJAR EKSPERIMEN DENGAN MODEL MENGAJAR DELIK SERTA PENGARUH SIKAP SISWA PADA PELAJARAN FISIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR (SISWA KELAS X SMA KOLOMBO YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2007/2008))
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model mengajar DELIK terhadap prestasi belajar fisika di SMA Kolombo Yogyakarta dan seberapa besar sumbangan sikap siswa pada pelajaran fisika terhadap prestasi belajar fisika di kelas X SMA Kolombo Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian yang bersifat eksperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Kolombo Yogyakarta dengan pokok bahasan gerak lurus beraturan. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data berupa lembar angket, dan lembar tes yakni pre test dan post test. Analisa data yang digunakan adalah analisis ANAKOVA. Hasil perhitungan dengan menggunakan analisis ANAKOVA didapatkan nilai dari prestasi belajar siswa yang diberi pelajaran fisika dengan menggunakan model mengajar DELIK sebesar Fhit = 11,779 Ftab = 4,03 dengan db=1, taraf siginifikan 5 %. Ataupun dengan uji-t dan diperoleh rerata skor prestasi untuk kelompok kelas eksperimen sebesar 11,593 sedangkan untuk kelas kontrol diperoleh nilai rerata skor sebesar 8,750. Sedangkan nilai R2 (koefisien determinasi) = 0,004. Sikap siswa memberikan sumbangan efektif sebesar 0,002 % dan sumbangan relatifnya sebesar 0,405 %. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar siswa yang diberi metode mengajar eksperimen dengan model mengajar DELIK dengan siswa yang diberi metode mengajar ceramah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Drs. Murtono, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Metode Mengajar, Pendidikan Fisika, Pendidikan Fisika
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Metode Pengajaran, Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 14 May 2025 10:30
Last Modified: 14 May 2025 10:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1290

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum