PENERAPAN STRATEGI LEARNING TOURNAMENT SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII C MTs NEGERI SLEMAN KOTA TAHUN AJARAN 2013/2014

NONI NURLINA , NIM. 09420028 (2014) PENERAPAN STRATEGI LEARNING TOURNAMENT SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII C MTs NEGERI SLEMAN KOTA TAHUN AJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN STRATEGI LEARNING TOURNAMENT SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII C MTs NEGERI SLEMAN KOTA TAHUN AJARAN 2013/2014)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN STRATEGI LEARNING TOURNAMENT SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII C MTs NEGERI SLEMAN KOTA TAHUN AJARAN 2013/2014)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

NONI NURLINA. Penerapan strategi learning tournament sebagai upaya peningkatan keaktifan dan hasil belajar bahasa Arab siswa kelas VIII C MTs Negeri Sleman Kota tahun ajaran 2013/2014. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan kalijaga Yogyakarta, 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan menggunakan strategi learning tournament dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VIII C MTs Negeri Sleman Kota. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research, yang mana penelitian ini berkolaborasi antara guru bahasa Arab dengan peneliti. Penelitian ini mengambil lokasi di kelas VIII C MTs Negeri Sleman Kota Yogyakarta dengan jumlah keseluruhan 31 siswa. Penelitian ini terdiri dari empat siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu plan (perencanaan), action (pelaksanaan), observe (pengamatan), dan reflect (refleksi). Pengumpulan data dilakukan dengan interview, observasi, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan pada proses pembelajaran dengan penerapan strategi learning tournament, hasil prosentasenya mengalami peningkatan pada kelima aspek keaktifan siswa yaitu menjawab pertanyaan dari guru, mengajukan pertanyaan kepada guru, mengajukan pertanyaan kepada teman, kerjasama dengan teman kelompok dan mengemukakan pendapat dalam memahami materi. Pada siklus I diperoleh 40%, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 56% siklus III meningkat sebesar 72% dan pada siklus IV meningkat menjadi 84%. Selain kelima aspek ketrampilan tersebut, hasil belajar juga mengalami peningkatan karena mutu proses belajar dapat memicu hasil belajar. Pada siklus I nilai rata-rata siswa adalah 62, pada siklus II yaitu 71 pada siklus III 78 dan pada siklus IV meningkat menjadi 89. Dengan demikain dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan strategi learning tournament dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar bahasa Arab siswa kelas VIII C MTs Negeri Sleman Kota.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Radjasa Mu’tasim, M.Si
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 19 Jun 2014 15:30
Last Modified: 21 Jul 2017 14:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12924

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum