PENERAPAN STRATEGI COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI DAN PEMAHAMAN MATERI POKOK BIOTEKNOLOGI PADA SISWA KELAS X MA IBNUL QOYYIM

Tito Sanjaya, NIM.: 03450452 (2008) PENERAPAN STRATEGI COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI DAN PEMAHAMAN MATERI POKOK BIOTEKNOLOGI PADA SISWA KELAS X MA IBNUL QOYYIM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN STRATEGI COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI DAN PEMAHAMAN MATERI POKOK BIOTEKNOLOGI PADA SISWA KELAS X MA IBNUL QOYYIM)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.PDF - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN STRATEGI COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI DAN PEMAHAMAN MATERI POKOK BIOTEKNOLOGI PADA SISWA KELAS X MA IBNUL QOYYIM)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlaksanaan strategi Cooperative Learning tipe Team Games Tournament (TGT) di kelas X putra MA Ibnul Qoyyim, jumlah siklus pembelajaran yang dibutuhkan untuk mengetahui peningkatan motivasi berprestasi dan pemahaman materi pokok bioteknologi serta kompetensi yang dicapai oleh siswa dalam setiap siklus pembelajaran. Penelitian dilakukan di kelas X putra MA Ibnul Qoyyim, Tegalyoso, Sitimulyo, Piyungan, Bantul, tahun ajaran 2006/2007. Desain penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang mempunyai tahapan perencanaan (planning), tindakan (acting), refleksi (reflection) dan revisi. Data yang dikumpulkan adalah motivasi berprestasi siswa dalam proses pembelajaran dengan menggunakan strategi Cooperative Learning tipe Team Games Tournament dan data pemahaman siswa dengan menggunakan pretes dan postes. Data motivasi berprestasi diperoleh dari lembar observasi dan pemahaman siswa diperoleh melalui soal tes. Data-data tersebut kemudian dianalisis secara deskriptif dengan menyajikan tabel distribusi frekuensi data tunggal dan tabel distribusi relatif yang telah melalui proses kuantifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi Cooperative Learning tipe Team Games Tournament dapat terlaksana di kelas X putra MA Ibnul Qoyyim. Banyaknya siklus pembelajaran yang dibutuhkan untuk mencapai peningkatan motivasi berprestasi dan pemahaman siswa adalah tiga siklus. Peningkatan yang muncul pada siklus pertama adalah kemampuan membaca, mendengar, melihat, mengajukan pertanyaan/pendapat. Kompetensi yang dicapai pada siklus kedua adalah kemampuan bekerjasama, komunikasi lisan dan tertulis dan memecahkan masalah. Kompetensi yang dicapai pada siklus ketiga adalah kemampuan menjawab pertanyaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Drs. Sudjoko, MS.
Uncontrolled Keywords: Strategi TGT, Cooperative Learning, Motivasi Berprestasi, Kemampuan Pemahaman
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371.36 Metode Pengajaran, Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 09 May 2025 15:54
Last Modified: 09 May 2025 15:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1298

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum