PENGEMBANGAN BUKU AJAR FISIKA BERBASIS INTEGRASIINTERKONEKSI MODEL KONFIRMATIF PADA POKOK BAHASAN GERAK LURUS UNTUK SISWA KELAS X SMA/MA

A FAHMI NIDHOM BARLENTE, NIM. 10690058 (2014) PENGEMBANGAN BUKU AJAR FISIKA BERBASIS INTEGRASIINTERKONEKSI MODEL KONFIRMATIF PADA POKOK BAHASAN GERAK LURUS UNTUK SISWA KELAS X SMA/MA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN BUKU AJAR FISIKA BERBASIS INTEGRASIINTERKONEKSI MODEL KONFIRMATIF PADA POKOK BAHASAN GERAK LURUS UNTUK SISWA KELAS X SMA/MA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (16MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN BUKU AJAR FISIKA BERBASIS INTEGRASIINTERKONEKSI MODEL KONFIRMATIF PADA POKOK BAHASAN GERAK LURUS UNTUK SISWA KELAS X SMA/MA)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan buku ajar fisika berbasis Integrasi-interkoneksi model konfirmatif pada materi gerak lurus untuk siswa kelas X SMA/MA, (2) mengetahui kualitas buku ajar fisika yang dihasilkan, (3) mengetahui respon siswa SMA/MA terhadap buku ajar berbasis integrasi-interkoneksi model konfirmatif. Penelitian ini merupakan penelitian R&D dengan model pengembangan 4-D menurut Thiagarajan Sammel and Sammel yang dibatasi pada tahap ketiga yakni, (1) tahap define (pendefinisian), (2) tahap design (perencanaan), (3) tahap develop (pengembangan). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik non-test berupa wawancara, observasi, rating scale, dan kuisioner/angket. Penelitian dilaksanakan di MAN LAB UIN Yogyakarta. Subyek uji coba dalam penelitian ini adalah 7 siswa kelas X B pada uji coba skala kecil, dan 31 siswa kelas X A dan X C pada uji coba skala besar. Teknik analisis data menggunakah deskriptif-kuantitatif yaitu dengan cara mengubah data kuantitatif menjadi data kualitatif. Instrumen pengumpulan data dilakukan dengan lembar kritik dan saran untuk validator, lembar penilaian, dan lembar respon siswa. Hasil penelitian ini berupa: (1) buku ajar fisika berbasis integrasi-interkoneksi model konfirmatif pada pokok bahasan gerak lurus untuk siswa kelas X SMA/MA, (2) kualitas buku ajar berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, ahli integrasiinterkoneksi, dan guru SMA/MA secara keseluruhan termasuk dalam kategori sangat baik dengan nilai rata-rata 3,71 pada ahli materi, 3,38 pada ahli media, 3,38 pada ahli integrasi-interkoneksi, dan 3,55 pada guru fisika SMA/MA, (3) respon siswa MAN LAB UIN Yogyakarta terhadap buku ajar fisika yang dikembangkan memiliki kategori setuju pada tahap uji coba skala kecil dan uji coba skala besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Joko Purwanto, M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : buku ajar fisika, integrasi-interkoneksi, model konfirmatif, gerak lurus
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 01 Jul 2014 14:22
Last Modified: 17 Mar 2016 16:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13300

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum