ANALISIS PENGARUH PERTUMBUHAN PERBANKAN SYARIAH TERHADAP KESEJAHTERAAN (INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA) DI INDONESIA PADA TAHUN 2010-2012

INTAN KHUSNUL KHOTIMALA PUTRI , NIM. 10390164 (2014) ANALISIS PENGARUH PERTUMBUHAN PERBANKAN SYARIAH TERHADAP KESEJAHTERAAN (INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA) DI INDONESIA PADA TAHUN 2010-2012. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( ANALISIS PENGARUH PERTUMBUHAN PERBANKAN SYARIAH TERHADAP KESEJAHTERAAN (INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA) DI INDONESIA PADA TAHUN 2010-2012 )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text ( ANALISIS PENGARUH PERTUMBUHAN PERBANKAN SYARIAH TERHADAP KESEJAHTERAAN (INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA) DI INDONESIA PADA TAHUN 2010-2012 )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pertumbuhan bank syariah dari sisi penyaluran dana secara nasional cukup besar. Besarnya dana yang berhasil disalurkan ini pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan manusia. Hal ini dikarenakan salah satu tujuan beroperasinya perbankan dengan prinsip syariah adalah untuk meningkatkan taraf kesejahteraan masyarakat. Angka kesejahteraan manusia di Indonesia dalam kurun waktu 2010-2012 cenderung mengalami kenaikan, begitu juga dengan penyaluran pembiayaan bank syariah yang mengalami peningkatan dari tahun 2010-2012. Penelitian ini bertujuan pertama untuk mengetahui apakah pertumbuhan perbankan syari‟ah di Indonesia yang diproksikan dengan pertumbuhan pembiayaan berpengaruh terhadap Kesejahteraan manusia Pada Tahun 2010-2012. Kedua dengan mengetahui adanya pengaruh antar variabel, maka pertumbuhan pembiayaan akan disalurkan melalui dua (2) skenario yaitu memaksimalkan pembiayaan untuk meningkatkan daya beli masyarakat atau memaksimalkan pembiayaan untuk meningkatkan rata-rata lama sekolah. Jenis data dalam penelitian ini adalah data skunder berupa laporan keuangan perbankan syariah dari tahun 2010-2012. Metode pengambilan sampling dalam penelitian ini adalah sampling jenuh. Sampling jenuh adalah teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan pengambilan semua populasi sebagai sampel yaitu sebanyak 11 bank umum Syariah dan 23 unit usaha syariah. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode data panel dengan model regresi data panel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel pembiayaan bank syariah di Indonesia terhadap kesejahteraan di Indonesia pada tahun 2010-2012. Hal ini ditunjukkan dengan nilai t sebesar 3.029907 dengan tingkat signifikan sebesar 0,0031 yang berarti lebih besar dari 0,05. Hal tersebut dapat diartikan bahwa terdapat perubahan tingkat kesejahteraan yang signifikan baik sesudah adanya peningkatan pertumbuhan pembiayaan pada bank syariah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dian Nuriyah Solissa, SHI., MSi
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Bank Syariah, Pembiayaan dan Kesejahteraan
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 02 Jul 2014 10:13
Last Modified: 27 Sep 2016 14:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13341

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum