REHABILITASI ANAK KORBAN PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA OLEH PANTI SOSIAL PAMARDI PUTRA DALAM PERSPEKTIF TUJUAN PEMIDANAAN ISLAM

SITI RAHMAWATI, NIM. 10370048 (2014) REHABILITASI ANAK KORBAN PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA OLEH PANTI SOSIAL PAMARDI PUTRA DALAM PERSPEKTIF TUJUAN PEMIDANAAN ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( REHABILITASI ANAK KORBAN PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA OLEH PANTI SOSIAL PAMARDI PUTRA DALAM PERSPEKTIF TUJUAN PEMIDANAAN ISLAM )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (13MB) | Preview
[img] Text (REHABILITASI ANAK KORBAN PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA OLEH PANTI SOSIAL PAMARDI PUTRA DALAM PERSPEKTIF TUJUAN PEMIDANAAN ISLAM)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penyalahgunaan narkotika merupakan kejahatan yang perlu penanganan khusus, karena mengakibatkan korbannya mengalami sindrom ketergantungan. Dampak dari penyalahgunaan narkotika tidak hanya pada pengguna saja tetapi juga pada kehidupan sosial ekonomi dan keamanan nasional. Salah satu yang menjadi perhatian khusus bagi pemerintah saat ini adalah banyaknya anak yang menjadi pelaku penyalahgunaan narkotika. Bentuk kebijakan pemerintah dalam menangani anak yang melakukan penyalahgunaan narkotika adalah dengan merehabilitasi. Salah satu tempat yang dijadikan tempat rehabilitasi adalah Panti Sosial Pamardi Putra Yogyakarta. Penelitian ini menjawab tentang kebijakan apa yang diberikan Panti Sosial Pamardi Putera Yogyakarta dalam upaya merehabilitasi pecandu narkoba yang berusia di bawah umur dan kendala apa yang dialami Panti Sosial Pamardi Putra Yogyakarta dalam merehabilitasi pecandu narkotika. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat diskriptif analisis dengan pendekatan normatif yuridis, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara (interview) didukung dengan data kebijakan Panti Sosial Pamardi Putra dalam merehabilitasi korban penyalahgunaan narkotika. Dari hasil penelitian dengan pendekatan diatas, penulis memperoleh jawaban atas permasalahan yang ada bahwa kebijakan yang diberikan oleh Panti Sosial Pamardi Putra Yogyakarta bagi anak pelaku penyalahgunaan narkotika adalah dengan cara rehabilitasi medis, rehabilitasi sosial, peningkatan vokasional, terapi keluarga dan rekreasi. Tujuan dari kebijakan tersebut yakni untuk pemulihan (al-Islah) dan pembinaan (ta’dib) agar anak tersebut tidak melakukan tindak pidana lagi. Hal tersebut sejalan dengan peraturan perundang-undangan dan hukum Islam. Adapun kendala yang dihadapi dalam merehabilitasi adalah kurangnya pegawai dalam menangani korban, banyaknya korban penyalahgunaan narkotika yang dikirim ke panti rehabilitasi dan tidak diterimanya lagi korban penyalahgunaan narkotika di masyarakat sehingga korban menetap di Panti Rehabilitasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Makhrus Munajat, M. Hum.
Subjects: Perdata Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Jinayah Siyasah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 07 Jul 2014 08:12
Last Modified: 04 May 2016 11:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13460

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum