AL ‘ANASIR AL SIKOLOJIYYAH LI AL SHAKHS AL RAISIY FI AL QISSAH AL QASIRAH AL SHAFAQ LI NAJIB MAHFUD (DIRASAH TAHLILIYYAH NAFSIYYAH ‘INDA SIGMUND FREUD)

ABDUL MUJIB, NIM. 10110060 (2014) AL ‘ANASIR AL SIKOLOJIYYAH LI AL SHAKHS AL RAISIY FI AL QISSAH AL QASIRAH AL SHAFAQ LI NAJIB MAHFUD (DIRASAH TAHLILIYYAH NAFSIYYAH ‘INDA SIGMUND FREUD). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (AL ‘ANASIR AL SIKOLOJIYYAH LI AL SHAKHS AL RAISIY FI AL QISSAH AL QASIRAH AL SHAFAQ LI NAJIB MAHFUD (DIRASAH TAHLILIYYAH NAFSIYYAH ‘INDA SIGMUND FREUD))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (AL ‘ANASIR AL SIKOLOJIYYAH LI AL SHAKHS AL RAISIY FI AL QISSAH AL QASIRAH AL SHAFAQ LI NAJIB MAHFUD (DIRASAH TAHLILIYYAH NAFSIYYAH ‘INDA SIGMUND FREUD))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Unsur-unsur Psikologi Tokoh Utama Dalam Cerpen as-Syafaq karya Najib Mahfudz.” Cerpen yang berjudul as-Syafaq karya Najib Mahfudz ini kaya dengan permasalahan kejiwaan yang dialami oleh tokoh utama, yaitu tokoh aku. Skripsi ini bertujuan untuk mengungkap unsur-unsur psikologis tokoh utama pada cerpen yang berjudul as-Syafaq karya Najib Mahfudz. Dalam mengkaji dan menganalisis cerpen as-Syafaq karya Najib Mahfudz ini, penulis menggunakan analisis teori psikologi Sigmund Freud yang terdiri dari tiga unsur kepribadian manusia yaitu id, ego, dan superego. Di sini, penulis hanya mengambil satu cerpen as-Syafaq karya Najib Mahfudz saja sebagai bahan analisisnya. Analisis cerpen as-Syafaq karya Najib Mahfudz ini, dilakukan dengan memberikan perhatian pada masalah kejiwaan para tokoh fiksional yang terkandung dalam karya sastra. Dalam hal ini, peneliti hanya akan menganalisis masalah kejiwaan tokoh utama dalam cerpen as-Syafaq karya Najib Mahfudz. Setelah melihat permasalahan psikologis tokoh utama aku dapat dilihat bahwa komponen kepribadian yang mula-mula dominan dalam dirinya adalah komponen id. Kemudian di tengah-tengah perjalanan hidupnya komponen id, ego, dan superego dalam dirinya bergerak saling melengkapi sehingga terjadi keharmonian di antara ketiga struktur kepribadian tersebut, yang dapat menyeimbangkan kepribadian dalam hidupnya. Namun, komponen kepribadian yang mendominasi sebagian besar kehidupan tokoh aku pada akhir cerita adalah superego. Karena superego lebih dominan, kehidupannya menjadi tidak seimbang sehingga banyak gejolak kejiwaan yang ia alami dan di akhir perjalanan hidupnya membawanya pada panti rehabilitasi. Tokoh utama aku menyelesaikan permasalahan psikologisnya dengan beberapa cara, yaitu: Penahanan diri dari rasa frustasi (represi-nomadisme), Pemindahan (displacement), Penggantian (Compensation), Reaksi Agresi (Aggressive reaction), Sasaran marah yang tidak jelas ( free-floating-anger), Introyeksi (Introjection), Pemindahan Sublimasi (displacement-sublimation), Penahanan (Repression), Halusinasi (Denial), Pengenalan (Identification), Penahan Diri (Ego Restriction), Pembentukan Reaksi (Reaction formation),dan Penerimaan realita (Intellectualization).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING: DR. RIDWAN, M.Hum.
Uncontrolled Keywords: unsur psikologi, cerpen
Subjects: Kesusastraan Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 08 Jul 2014 09:44
Last Modified: 10 Jul 2015 10:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13512

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum