PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK nDASARI BUDI KRAPYAK YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014 (TINJAUAN PSIKOLINGUISTIK PEMEROLEHAN BAHASA KE – 2)

LUTFIYAH, NIM. 10420014 (2014) PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK nDASARI BUDI KRAPYAK YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014 (TINJAUAN PSIKOLINGUISTIK PEMEROLEHAN BAHASA KE – 2). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK nDASARI BUDI KRAPYAK YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014 (TINJAUAN PSIKOLINGUISTIK PEMEROLEHAN BAHASA KE – 2))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (15MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK nDASARI BUDI KRAPYAK YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014 (TINJAUAN PSIKOLINGUISTIK PEMEROLEHAN BAHASA KE – 2))
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (689kB)

Abstract

Lutfiyah, 10420014. “Pembelajaran Bahasa Arab pada Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak nDasari Budi Krapyak Yogyakarta Tahun Ajaran 2013/2014 (Tinjauan Psikolinguistik Pemerolehan Bahasa Ke-2)”. Skripsi, Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Mempelajari bahasa Arab adalah suatu hal yang penting bagi orang Islam, karena semua sumber ajaran Islam yang berupa al-Qur‟an dan al-Hadits menggunakan bahasa Arab. Dengan demikian, bahasa Arab sebaiknya diajarkan ketika seseorang masih kanak-kanak. Dengan anggapan belajar bahasa yang sangat krusial terjadi pada anak yang belum mencapai umur enam tahun. Adapun Taman Kanak-kanak nDasari Budi adalah salah satu sekolahan swasta yang mendukung pembelajaran bahasa Arab pada anak usia dini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana proses pembelajaran bahasa Arab di Taman Kanak-kanak nDasari Budi Krapyak Yogyakarta serta faktor yang menjadi pendukung dan penghambat pembelajaran bahasa Arab kaitannya dengan teori psikolinguistik. Penelitian lapangan ini merupakan penelitian kualitatif dengan studi kasus di Taman Kanak-kanak nDasari Budi Krapyak Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan beberapa metode yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun sumber data dan subyek penelitian ini meliputi: kepala sekolah, dewan guru, dan peserta didik TK nDasari Budi. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap yaitu reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa proses pembelajaran bahasa Arab di Taman Kanak-kanak nDasari Budi sebagian besar mengacu pada teori psikolinguistik, yaitu disesuaikan dengan kebutuhan dan psikologi peserta didik. Diawali dari materi yang dibedakan antara kelas A dan kelas B, disebabkan karena faktor usia peserta didik dan tingkat kemampuan yang berbeda. Selain itu, metode yang dipilih oleh para guru adalah metode yang dapat meningkatkan peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Akan tetapi, di dalam proses pembelajaran ada beberapa faktor yang mendukung dan menghambat terlaksananya pembelajaran bahasa Arab, diantara beberapa faktor yang mendukung adalah pembelajaran yang dilakukan dengan teknik pengulangan, fasilitas ruang belajar yang memadai, tersedianya buku panduan khusus, dan juga adanya guru yang kreatif. Adapun faktor yang menjadi penghambat adalah terbatasnya media sebagai pendukung pembelajaran bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Radjasa Mu‟tasim, M. Si
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 10 Jul 2014 16:12
Last Modified: 28 Jul 2017 08:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13554

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum