PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN INTERNET SEBAGAI MEDIA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA JURUSAN KEPENDIDIKAN ISLAM FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

SITI NADHIROH , NIM. 10470024 (2014) PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN INTERNET SEBAGAI MEDIA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA JURUSAN KEPENDIDIKAN ISLAM FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN INTERNET SEBAGAI MEDIA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA JURUSAN KEPENDIDIKAN ISLAM FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (14MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN INTERNET SEBAGAI MEDIA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA JURUSAN KEPENDIDIKAN ISLAM FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (563kB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

Siti Nadhiroh. Pengaruh Intensitas Penggunaan Internet Sebagai Sumber Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Kependidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014 Internet pada masa sekarang sudah merupakan hal yang tidak asing di kalangan mahasiswa. Semua informasi dan kemudahan berada dalam internet, sehingga internet dapat dijadikan sebagai sumber belajar untuk membantu mahasiswa dalam meningkatkan prestasi belajar, oleh karena itu peneliti ingin melakukan penelitian tentang pengaruh internet terhadap prestasi belajar mahasiswa Jurusan Kependidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta angkatan 2011/2012. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar intensitas penggunaan internet sebagai sumber belajar yang dilakukan mahasiswa, untuk mengetahui seberapa memuaskan prestasi belajar mahasiswa dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh intensitas penggunaaan internet sebagai sumber belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa. Penelitian ini dilaksanakan pada responden sebesar 161 mahasiswa yang berasal dari mahasiswa Jurusan Kependidikan Islam Angkatan 2011/2012 Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan kalijaga Yogyakarta. Pengambilan responden dilakukan dengan metode populasi (penelitian sensus). Variabel independen dalam penelitian ini adalah intensitas penggunaan internet sebagai sumber belajar dan variabel dependennya adalah prestasi belajar mahasiswa. Metode analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah descriptive statistics untuk mengetahui distribusi frekuensi temuan data dari lapangan, selanjutnya untuk mengetahui pengaruh antar variabel digunakan model analisis regresi linier sederhana dengan menggunakan SPSS (Statistical Package For Social Sciences) sebagai alat bantu. Hasil analisa descriptive statistics menunjukan bahwa intensitas penggunaan internet dikalangan mahasiswa yaitu sedang karena mayoritas (60) 47.2% mahasiswa masuk dalam kategori sedang. Prestasi belajar mahasiswa memuaskan karena mayoritas (89) 70.1% mahasiswa dalam tabel distribusi prestasi belajar berada pada kategori memuaskan. Besar pengaruh intensitas penggunaan internet sebagai sumber belajar memberikan kontribusi positif sebesar 6% dan signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa. Angka signifikansi koefisien regresi variabel penggunaan internet sebagai sumber belajar sebesar 0.006 <0.05 berarti pada angka kepercayaan 95% ada pengaruh yang positif dan signifikan dari penggunaan internet sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar yang dicapai. besarnya nilai signifikansi sebesar 0.000 < 0.05, sehingga dapat disimpulkan bahwa pada kepercayaan 95% hipotesa alternatif dapat diterima. Kata kunci : intensitas penggunaan internet, sumber belajar, prestasi belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Rinduan Zain, M.A
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 18 Jul 2014 08:30
Last Modified: 18 Jul 2014 08:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13653

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum