PENGEMBANGAN POSTER BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK SISWA SMA/MA

MIFTAKHUL CHOER , NIM. 07690034 (2014) PENGEMBANGAN POSTER BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK SISWA SMA/MA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN POSTER BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK SISWA SMA/MA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN POSTER BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK SISWA SMA/MA)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan poster berbasis pendidikan karakter sebagai media pembelajaran fisika untuk siswa SMA/MA; 2) mengetahui kualitas poster berbasis pendidikan karakter yang telah dikembangkan sebagai media pembelajaran fisika untuk siswa SMA/MA; dan 3) mengetahui respon siswa terhadap poster berbasis pendidikan karakter sebagai media pembelajaran fisika untuk siswa SMA/MA. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau Research & Development (R&D) dengan model prosedural. Prosedur dalam penelitian ini mengikuti langkah-langkah yang dikemukakan oleh Tim Puslitjaknov yang meliputi 5 langkah utama yaitu: 1) melakukan analisis produk yang akan dikembangkan; 2) mengembangkan produk awal; 3) validasi ahli dan revisi; 4) uji coba lapangan skala kecil dan revisi produk; dan 5) uji coba lapangan skala besar dan produk akhir. Instrumen penilaian berupa angket penilaian kualitas poster menggunakan skala Likert. Instrumen untuk siswa berupa angket respon siswa menggunakan skala Guttman. Hasil penelitian ini adalah 1) telah berhasil dikembangkan produk berupa poster berbasis pendidikan karakter sebagai media pembelajaran fisika untuksiswa SMA/MA; 2) kualitas poster berbasis pendidikan karakter sebagai media pembelajaran fisika untuk siswa SMA/MA adalah baik (B) berdasarkan penilaian ahli materi dengan persentase 71,15% dari skor ideal, sangat baik (SB) berdasarkan penilaian ahli media dengan persentase 88,64% dari skor ideal, dan sangat baik (SB) berdasarkan penilaian guru fisika SMA/MA dengan persentase 80,07%; dan 3) respon siswa terhadap poster berbasis pendidikan karakter sebagai media pembelajaran fisika untuk siswa SMA/MA memperoleh persentase sebesar 85,45% dari skor ideal pada uji coba lapangan skala kecil dan 90,38% dari skor ideal pada uji coba lapangan skala besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Winarti, M.Pd.Si
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Media pembelajaran fisika, pendidikan karakter, poster.
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Jul 2014 09:59
Last Modified: 15 Feb 2016 09:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13693

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum