PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) OLEH PTPN IX (PERSERO) KEBUN JOLLONG DI DESA SITILUHUR KECAMATAN GEMBONG KABUPATEN PATI JAWA TENGAH

ROFIQOTUS TSANIYAH , NIM. 10720045 (2014) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) OLEH PTPN IX (PERSERO) KEBUN JOLLONG DI DESA SITILUHUR KECAMATAN GEMBONG KABUPATEN PATI JAWA TENGAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) OLEH PTPN IX (PERSERO) KEBUN JOLLONG DI DESA SITILUHUR KECAMATAN GEMBONG KABUPATEN PATI JAWA TENGAH)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text ( PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) OLEH PTPN IX (PERSERO) KEBUN JOLLONG DI DESA SITILUHUR KECAMATAN GEMBONG KABUPATEN PATI JAWA TENGAH)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB)

Abstract

PT Perkebunan Nusantara IX (Persero) Kebun Jollong adalah salah satu BUMN yang berada di Desa Sitiluhur Kecamatan Gembong Kabupaten Pati Jawa Tengah. Sesuai dengan Undang-Undang No 40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas (PT) yang usahanya terkait dengan sumber daya alam dan lingkungan wajib melaksanakan program tanggung jawab sosial perusahaan(CSR). Tanggung jawab tersebut sudah rutin dilakukan, namun belum mampu memberdayakan masyarakat setempat, seperti memenuhi kebutuhan ekonomi secara merata. Padahal tujuan pendirian BUMN tidak hanya mengejar keuntungan semata melainkan turut aktif memberikan bimbingan dan bantuan kepada pengusaha golongan ekonomi lemah, koperasi dan masyarakat supaya masyarakat yang lemah terberdayakan dan mampu menopang kehidupan mereka sendiri. Berdasarkan permasalahan tersebut maka penelitian ini berupaya mengungkap pemberdayaan masyarakat yang dilakukan PTPN IX Kebun Jollong melalui Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) yang merupakan bentuk dari CSR. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh PTPN IX Kebun Jollong melalui PKBL sebagai bentuk CSR dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mendukung dan menghambat program pemberdayaan masyarakat. Penelitian ini merupakan studi lapangan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengumpulan data dimulai dari 1 April sampai 30 April 2014 di PTPN IX Kebun Jollong, dengan jumlah informan sebanyak 12 orang. Setelah semua data terkumpul, dianalisis dengan pendekatan deskriptif. Metode analisis dilakukan melalui tiga proses, yaitu: reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan dengan menggunakan teori Corporate Social Responsibility (Suharto, 2009). Teori CSR merupakan teori tentang kepedulian perusahaan terhadap masyarakat dan lingkungan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh PTPN IX Kebun Jollong sebagai bentuk kepedulian perusahaan cukup berhasil memberdayakan masyarakat. Dana pinjaman modal usaha yang diberikan PTPN IX, dapat menjadikan usaha-usaha yang dijalankan mitra binaan menjadi lebih mandiri dan berkembang. Namun Pemberdayaan belum meningkatkan ekonomi masyarakat secara merata dikarenakan tidak ada sosialisasi secara resmi dari pihak PTPN IX Kebun Jollong kepada masyarakat sekitar. CSR di PTPN IX Kebun Jollong dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktorfaktor tersebut yaitu selain diberi modal usaha, masyarakat yang menjadi mitra binaan juga diberi pendampingan serta keterampilan. PKBL disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat sehingga bantuan tersebut tepat sasaran. Namun, program CSR tidak sepenuhnya berjalan lancar dikarenakan menunggaknya mitra binaan dalam mengangsur pinjaman dana setiap bulan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Ambar Sari Dewi S.Sos, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: PTPN IX Kebun Jollong, Corporate Social Responsibility (CSR)
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 24 Jul 2014 08:23
Last Modified: 31 Dec 2015 14:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13731

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum