PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN PRIBADI-SOSIAL TERHADAP KONSEP DIRI SISWA KELAS XI AGAMA MAN WONOKROMO BANTUL YOGYAKARTA TAHUN 2013/2014

SITI NURHIDAYAH, NIM. 10220068 (2014) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN PRIBADI-SOSIAL TERHADAP KONSEP DIRI SISWA KELAS XI AGAMA MAN WONOKROMO BANTUL YOGYAKARTA TAHUN 2013/2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN PRIBADI-SOSIAL TERHADAP KONSEP DIRI SISWA KELAS XI AGAMA MAN WONOKROMO BANTUL YOGYAKARTA TAHUN 2013/2014)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN PRIBADI-SOSIAL TERHADAP KONSEP DIRI SISWA KELAS XI AGAMA MAN WONOKROMO BANTUL YOGYAKARTA TAHUN 2013/2014)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Siti Nurhidayah, (10220068). Pengaruh Layanan Bimbingan Pribadi-Sosial Terhadap Konsep Diri Siswa kelas XI Agama MAN Wonokromo Bantul Yogyakarta, Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Layanan bimbingan pribadi-sosial yang melibatkan guru bimbingan konseling dan siswa diharapkan mampu memberikan perubahan kearah yang lebih baik. Keterkaitan antara layanan bimbingan pribadi-sosial dengan konsep diri siswa bahwasanya layanan bimbingan pribadi-sosial merupakan bimbingan yang diberikan untuk membantu para siswa dalam menyelesaikan masalah-masalah pribadi-sosial, seperti permasalahan dalam memahami dirinya, baik dalam bersikap jujur dan memahami potensi yang dimilikinya, beradaptasi dengan lingkungan yang terkait dengan kedisiplinan dan sopan santun, serta permasalahan tentang hubungan sosialnya, baik dengan teman maupun keluarga. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan pribadi-sosial terhadap konsep diri siswa kelas XI Agama MAN Wonokromo Bantul Yogyakarta tahun ajaran 2013/2014 Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan populasinya adalah siswa kelas XI Agama MAN Wonokromo Bantul Yogyakarta tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah keseluruhan 50 siswa, akan tetapi 2 siswa berhalangan hadir sehingga responden berjumlah 48 siswa. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan skala layanan bimbingan pribadisosial dan skala konsep diri. Sedangkan metode analisis data dengan pengujian persyaratan analisis (uji normalitas dan uji linieritas), analisis deskriptif prosentase dan uji hipotesis dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana. Setelah dilakukan penelitian dan analisis data dengan menggunakan bantuan program komputer SPSS 16.0 for Windows membuktikan bahwa layanan bimbingan pribadi-sosial mempunyai pengaruh terhadap konsep diri siswa di MAN Wonokromo Bantul Yogyakarta. Hasil analisis linier regresi sederhana Y = 52,086 + 0,596X yang artinya konsep diri siswa dipengaruhi oleh layanan bimbingan pribadi-sosial. Hasil analisis regresi juga diperoleh nilai koefisien determinasi Rsquare sebesar 0,627, ini berarti 62,7% variabel konsep diri siswa dipengaruhi variabel layanan bimbingan pribadi-sosial, dan sisanya 37,3% dipengaruhi oleh faktor lain. Kesimpulannya adalah layanan bimbingan pribadi-sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap konsep diri siswa kelas XI Agama MAN Wonokromo Bantul Yogyakarta. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang diperoleh t hitung 8,790 dengan taraf signifikan 0,000.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Nurjannah, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pengaruh, Layanan Bimbingan Pribadi-Sosial, Konsep Diri.
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 19 Aug 2014 07:54
Last Modified: 10 Nov 2015 11:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13785

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum