MUATAN IDEOLOGI DALAM KURIKULUM BAHASA ARAB TERINTEGRASI (STUDI KASUS DI MADRASAH ALIYAH ALI MAKSUM YOGYAKARTA DAN MADRASAH ALIYAH ISLAMIC CENTRE BIN BAZ YOGYAKARTA)

MOCH. ROSYID, S.Pd.I , NIM. 1220410140 (2014) MUATAN IDEOLOGI DALAM KURIKULUM BAHASA ARAB TERINTEGRASI (STUDI KASUS DI MADRASAH ALIYAH ALI MAKSUM YOGYAKARTA DAN MADRASAH ALIYAH ISLAMIC CENTRE BIN BAZ YOGYAKARTA). Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (MUATAN IDEOLOGI DALAM KURIKULUM BAHASA ARAB TERINTEGRASI (STUDI KASUS DI MADRASAH ALIYAH ALI MAKSUM YOGYAKARTA DAN MADRASAH ALIYAH ISLAMIC CENTRE BIN BAZ YOGYAKARTA))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text (MUATAN IDEOLOGI DALAM KURIKULUM BAHASA ARAB TERINTEGRASI (STUDI KASUS DI MADRASAH ALIYAH ALI MAKSUM YOGYAKARTA DAN MADRASAH ALIYAH ISLAMIC CENTRE BIN BAZ YOGYAKARTA))
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (877kB)

Abstract

Moch. Rosyid, S.Pd.I, Kurikulum Bahasa Arab Di Madrasah Aliyah Ali Maksum Yogyakarta Dan Madrasah Aliyah Islamic Centre Bin Baz Yogyakarta (Studi Kasus). Tesis, Yogyakarta: Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga, 2014. Latar belakang penelitian ini berawal dari adanya integrasi kurikulum bahasa Arab pembelajaran dengan kurikulum pesantren yakni pembelajaran kitab kuning dalam sebuah lembaga pendidikan. Integrasi kurikulum tersebut merupakan sebuah inovasi untuk meningkatkan kemampuan berbahasa peserta didik. Namun tidak hanya itu, kurikulum sebagai bagian terpenting dalam pendidikan, pada hakikatnya tidak hanya sekedar menyangkut substansi dan intruksional pembelajaran yang bermain di level mikro saja, tetapi juga berkaitan dengan relasi-relasi sosial berbagai agen yang terlibat dan berkepentingan didalamnya. Melalui integrasi tersebut, dominasi berbagai agen/kelompok yang ada dalam sebuah lembaga pendidikan diindikasikan akan berusaha menyajikan konstruksi sosial yakni ideologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui muatan ideologi dalam kurikulum bahasa Arab yang diintegrasikan dengan pembelajaran kitab kuning di Madrasah Aliyah Ali Maksum Krapyak Yogyakarta dan Madrasah Aliyah Islamic Centre Bin Baz Yogyakarta, dan juga persamaan dan perbedaan yang terjadi dalam muatan ideologi kedua madrasah tersebut, yakni dengan menganalisis landasan filosofis, standar isi dan standar proses kurikulum bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan termasuk dalam penelitian lapangan (field research). Adapun obyek penelitian dalam penelitian ini adalah muatan ideologi yang terkandung dalam kurikulum pembelajaran bahasa Arab yang diintegrasikan dengan pembelajaran kitab kuning, yakni meliputi deskripsi konsep ideologi dan konstruksi yang terjadi didalamnya serta apa saja persamaan dan perbedaan yang terjadi dalam muatan ideologi kedua madrasah tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama muatan ideologi dapat dirasakan dalam kurikulum pembelajaran bahasa Arab yang terintegrasi dengan kurikulum pesantren (pembelajaran kitab kuning). kedua konsep ideologi yang digagas oleh kedua madrasah yakni MA Ali Maksum dan MA ICBB adalah konsep ideologi salaf. Namun salaf disini mempunyai konteks yang berbeda, MA Ali Maksum berdasar pada ideologi salaf ala Nahdlatul Ulama’ sedangkan MA ICBB berdasar pada ideologi salaf ala kerajaan Arab Saudi atau yang dikenal dengan salafi. Ketiga proses konstruksi yang terjadi dalam kurikulum bahasa Arab terintegrasi tersebut terdapat beberapa persamaan yakni kedua madrasah baik di MA Ali Maksum Maupun MA ICBB, adanya integrasi tersebut lebih mendukung kemampuan para peserta didik dalam mahārah al-lughah pasif seperti qirā’ah dan kitābah. Meskipun tidak menafikan adanya kemampuan bahasa Aktif yang ditargetkan kedua madrasah tersebut. Namun pada hakikatnya mahārah al-lughah pasif lebih mendominasi dalam integrasi tersebut.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. H. Sukamta, MA.
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 26 Aug 2014 10:25
Last Modified: 28 Apr 2015 16:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13840

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum