UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENTS DIVISIONS (STAD) PADA SISWA KELAS IIIB MIN KEBONAGUNG IMOGIRI TAHUN PELAJARAN 2013/2014

MARYATI, NIM. 12485088 (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENTS DIVISIONS (STAD) PADA SISWA KELAS IIIB MIN KEBONAGUNG IMOGIRI TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENTS DIVISIONS (STAD) PADA SISWA KELAS IIIB MIN KEBONAGUNG IMOGIRI TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENTS DIVISIONS (STAD) PADA SISWA KELAS IIIB MIN KEBONAGUNG IMOGIRI TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

MARYATI, Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievements Divisions (STAD) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IIIB MIN Kebonagung, Imogiri, Bantul, Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe student Teams Achievements Divisions (STAD) yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika kelas IIIB MIN Kebonagung Imogiri Bantul Yogyakarta, Latar belakang masalah penelitian ini adalah pembelajaran masih berorientasi pada guru, rendahnya minat belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan metode yang kurang menarik. Dalam pembelajaran secara klasikal, perbedaan individu jarang diperhatikan, semua siswa di dalam kelas di anggap sama. Oleh karena itu, perlu diadakan penelitian untuk memperbaiki hasil belajar siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru, dan subyek penelitiannya adalah siswa kelas III B MIN Kebonagung, Imogiri, Bantul yang berjumlah 27 siswa. Pengumpulan data dilakukan secara observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif, yaitu menggambarkan data dengan menggunakan kalimat untuk memperoleh keterangan yang jelas dan terinci. Urutan kegiatan penelitian mencakup: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pembelajaran Matematika melalui model Kooperatif Tipe Student Teams Achievements Divisions (STAD), dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan ketuntasan belajar dengan prosentase pada pra tindakan sebesar 22,22 %, siklus I sebesar 55,56 % dan pada siklus II sebesar 96,30 %. Peningkatan nilai rata-rata hasil tes pada pra tindakan sebesar 59,26, siklus I 74,82, sedangkan pada siklus II sebesar 92,96. Dengan demikian setiap siklus mengalami peningkatan pada hasil belajarnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. H. Sumedi, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Hasil Belajar, Student Teams Achievements Divisions (STAD), Perbandingan pecahan
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 08 Oct 2014 13:50
Last Modified: 21 Feb 2017 10:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14115

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum