UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT MELALUI MEDIA KARTU PASANG BERWARNA SISWA KELAS V MI YAPPI BADONGAN SEMIN GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA

HERU AGUNG NUGROHO , NIM. 13485255 (2014) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT MELALUI MEDIA KARTU PASANG BERWARNA SISWA KELAS V MI YAPPI BADONGAN SEMIN GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT MELALUI MEDIA KARTU PASANG BERWARNA SISWA KELAS V MI YAPPI BADONGAN SEMIN GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text ( UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT MELALUI MEDIA KARTU PASANG BERWARNA SISWA KELAS V MI YAPPI BADONGAN SEMIN GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB)

Abstract

Heru Agung Nugroho. “Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Pada Materi Operasi Hitung Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat Melalui Media Kartu Pasang Berwarna Siswa Kelas V MI YAPPI Badongan Semin Gunungkidul Yogyakarta”. Yogyakarta, Program Studi pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2014. MI YAPPI Badongan Semin Gunungkidul Yogyakarta sebagai salah satu lembaga pendidikan formal berupaya menyelenggarakan kegiatan pembelajaran yang optimal dengan mendayagunakan seluruh sumberdaya yang ada. Demikian halnya dalam pembelajaran matematika khususnya di kelas V materi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat ditemukan kesulitan dalam pemahaman yang dihadapi oleh peserta didik. Penelitian Tindakan kelas ini dilakukan sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar peserta didik melalui media kartu pasang berwarna dalam pembelajaran matematika dengan tujuan memberikan gambaran penggunaan media kartu pasang berwarna untuk mempelajari operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dan peningkatan prestasi belajar peserta didik terhadap penggunaan media kartu pasang berwarna tersebut. Metode penelitian yang dipakai adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi dengan menggunakan instrumen berupa lembar observasi, kuesioner, catatan lapangan, dan dokumentasi. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan perbandingan hasil evaluasi melalui lembar kerja siswa dari setiap siklus. Hasil observasi setiap siklus dilakukan penghitungan presentase untuk mengetahui peningkatan minat yang terjadi di kelas yang meliputi observasi terhadap aktivitas guru dan aktivitas belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada observasi kegiatan pratindakan yang menunjukkan prosentase siswa sebanyak 33,33%, sedangkan pada siklus I adalah sebesar 66,67% dan pada siklus II sebesar 100% yang berada pada rentang nilai di atas kriteria ketuntasan minimal. Berdasarkan hasil analisis tersebut maka diperoleh kesimpulan bahwa minat belajar peserta didik kelas V MI YAPPI Badongan Semin Gunungkidul Yogyakarta dalam mempelajari operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat meningkat secara signifikan sebesar 33,33% pada setiap siklusnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dra. Nadlifah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : prestasi belajar, matematika, media kartu pasang berwarna
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 21 Oct 2014 11:24
Last Modified: 31 Jan 2017 10:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14228

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum