PENGGUNAAN METODE INFORMATION SEARCH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS KELAS IV MI MUHAMMADIYAH DANUREJO MERTOYUDAN MAGELANG JAWA TENGAH TAHUN 2013/ 2014

PIPIN SANTI PAMUNGKAS, NIM. 12485193 (2014) PENGGUNAAN METODE INFORMATION SEARCH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS KELAS IV MI MUHAMMADIYAH DANUREJO MERTOYUDAN MAGELANG JAWA TENGAH TAHUN 2013/ 2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGGUNAAN METODE INFORMATION SEARCH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS KELAS IV MI MUHAMMADIYAH DANUREJO MERTOYUDAN MAGELANG JAWA TENGAH TAHUN 2013/ 2014)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGGUNAAN METODE INFORMATION SEARCH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS KELAS IV MI MUHAMMADIYAH DANUREJO MERTOYUDAN MAGELANG JAWA TENGAH TAHUN 2013/ 2014)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB)

Abstract

Pipin Santi Pamungkas,”Penggunaan Metode Information Search Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Kelas IV MI Muhammadiyah Danurejo Tahun 2013-2014”.Skripsi.Yogyakarta:Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga,2014. Dalam pembelajaran IPS diharapkan siswa mampu aktif dalam kegiatan pembelajaran.Karena pada saat pembelajaran IPS berlangsung, siswa seringkali lebih senang bermain main dengan temannya daripada memperhatikan penjelasan dari guru.Untuk mengatasi masalah tersebut ,hal yang perlu dilakukan adalah dengan memperbarui metode yang digunakan.Agar siswa ikut aktif dalam kegiatan pembelajaran dan siswa juga bisa bermain diluar kelas maka metode yang bisa digunakan adalah metode information search. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : 1. Bagaimana hasil belajar siswa sebelum menerapkan straregi information search pada mata pelajaran IPS dikelas VI MI Muhammadiyah Danurejo. 2. Bagaimana hasil belajar siswa setelah menerapkan straregi information search pada mata pelajaran IPS dikelas VI MI Muhammadiyah Danurejo. 3. Apakah terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikan setelah menerapkan strategi information search pada mata pelajaran IPS dikelas VI MI Muhammadiyah Danurejo. Oleh karena itu tujuan penelitian ini untuk meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran IPS Kelas IV MI Muhammadiyah Danurejo. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas yang dilakukan dengan dua siklus dan masing masing siklus terdiri dari tahap perencanaan,tindakan, dan refleksi Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi partisipasi siswa yang diberikan setiap awal siklus,aktifitas siswa dan guru selama proses pembelajaran. Setelah dilaksanakan observasi dan penelitian dilapangan serta tes disetiap akhir siklus maka ditemukan bahwa pembelajaran IPS di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Danurejo sebelum menggunakan metode Information Search nilai siswa belum sesuai dengan kriteria ketuntasan ,dan setelah menggunakan metode ini prestasi belajar IPS siswa Kelas IV MI Muhammadiyah Danurejo meningkat.Maka hipotesis mengatakan bahwa Metode Information Search dapat meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas IV MI Muhammadiyah Danurejo.Indikator pkeberhasilan dalam penelitian ini adalah :Adanya peningkatan keaktifan siswa, adanya peningkatan prestasi belajar IPS.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : DR. Istiningsih
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 21 Oct 2014 15:12
Last Modified: 28 Feb 2017 10:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14249

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum