UPAYA MENINGKATKAN KETRAMPILAN SISWA DALAM GERAKAN SHALAT DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DI KELAS II MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH JAGALAN

WASTIYAH, NIM. 12415279 (2014) UPAYA MENINGKATKAN KETRAMPILAN SISWA DALAM GERAKAN SHALAT DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DI KELAS II MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH JAGALAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN KETRAMPILAN SISWA DALAM GERAKAN SHALAT DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DI KELAS II MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH JAGALAN)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN KETRAMPILAN SISWA DALAM GERAKAN SHALAT DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DI KELAS II MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH JAGALAN)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB)

Abstract

WASTIYAH. Upaya Meningkatkan Ketrampilan Siswa dalam Gerakan Shalat dengan Menggunakan Metode Demonstrasi di Kelas II Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Jagalan Skripsi. Yogyakarta : Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Latar belakang masalah penelitian ini adalah materi pelajaran tata cara melakukan gerakan shalat masuk pada aspek fikih ibadah. Shalat merupakan bagian utama dan penting dalam Islam. Karena Shalat adalah hal utama dalam tegaknya agama Islam dan shalat merupakan ibadah utama. Dalam pembelajaran fikih pada kelas II MI Muhammadiyah Jagalan Salam Magelang ini masih banyak siswa yang belum menguasai materi tata cara shalat yang baik dan benar sesuai dengan aturan syari’at Islam yang berakibat siswa belum mampu melakukan shalat dengan gerakan yang baik dan benar. Prestasi belajar siswa pada materi tata cara melakukan gerakan shalat siswa kelas II MI Muhammadiyah Jagalan sebelum adanya tindakan masih rendah, yaitu nilai rata-rata kelas pada mata pelajaran fikih adalah 6,3 sedangkan nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) mata pelajaran fikih yang ditetapkan oleh MI Muhammadiyah Jagalan Salam sesuai dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) MI Muhammadiyah jagalan Salam adalah 6,5. Maka daripada itu perlu diadakannya penelitian untuk memperbaiki kualitas pembelajaran hasil belajar siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan kualitas ketrampilan tata cara melakukan gerakan shalat. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode demonstrasi tatacara melakukan gerakan shalat dalam meningkatkan prestasi belajar serta minat dan keaktifan siswa kelas II setelah penerapan metode tersebut. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan mengambil latar MI Muhammadiyah Jagalan Salam Magelang. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam, dokumentasi dan angket untuk melengkapi data yang ingin diungkap. Dalam penelitian ini menggunakan data statistik sederhana untuk membantu dalam mengungkap data. Sedangkan untuk memeriksa keabsahan data dialkukan dengan menggunakan tehnik trianggulasi sumber. Adapun urutan kegiatan penelitian mencakup : (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukan : metode demonstrasi sangat efektif dan mempunyai peran dalam peningkatan prestasi belajar atau kualitas belajar siswa pada mata pelajaran tata cara malakukan gerakan shalat (fikih) di kelas II MI Muhammadiyah Jagalan Salam Magelang, hal tersebut terbukti dari adanya peningkatan nilai rata-rata pelajaran tata cara melakukan gerakan shalat siswa atau prestasi belajar tata cara malakukan gerakan shalat siswa. Sebelum penerapan metode demonstrasi nilai rata-rata siswa pada mata pelaaran fikih materi tata cara melakukan gerakan shalat adalah 6,3 dan meningkat manjadi 8,5 setelah adanya tindakan pada siklus II.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. H. Ahmad Rodli, M.S.I.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Oct 2014 10:58
Last Modified: 28 Feb 2017 09:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14257

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum