KAJIAN TEORITIS PENDEKATAN KOMUNIKATIF DALAM PENGAJARAN BAHASA ARAB

NADHIF SYIHABUDDIN, NIM. 08420151 (2014) KAJIAN TEORITIS PENDEKATAN KOMUNIKATIF DALAM PENGAJARAN BAHASA ARAB. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KAJIAN TEORITIS PENDEKATAN KOMUNIKATIF DALAM PENGAJARAN BAHASA ARAB)
08420151_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (KAJIAN TEORITIS PENDEKATAN KOMUNIKATIF DALAM PENGAJARAN BAHASA ARAB)
08420151_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Nadhif Syihabuddin. Kajian Teoritis Pendekatan Komunikatif Dalam Pengajaran Bahasa Arab. Skripsi. Yogyakarta; Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengertian pendekatan komunikatif, yang meliputi metode-metode yang termasuk ke dalam pendekatan komunikatif, serta aplikasi atau langkah-langkah pengajaran bahasa Arab dengan menggunakan pendekatan komunikatif. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) dengan cara pengambilan datanya dari bahan-bahan tertulis (khususnya berupa teoriteori). Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dari sumber data primer (sumber asli) dan sumber data sekunder (sumber bukan asli). Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif analitik dengan cara Deduktif (pernyataan umum menuju pernyataan khusus dengan penalaran atau rasio) dan Induktif (pernyataan khusus menuju kesimpulan khusus). Hasil penelitian menunjukkan (1) Penerapan pendekatan komunikatif di dalam pengajaran bahasa Arab merupakan suatu usaha perbaikan kompetensi (kemampuan) berbahasa siswa yang real. Pengajaran bahasa dengan menggunakan pendekatan komunikatif mengarahkan penggunaan bahasa dalam situasi real. Situasi real ini ditentukan oleh berbagai faktor, seperti: peserta bicara, tempat dan waktu pelangsungan interaksi berbahasa, topik pembicaraan, sarana pembicaraan, tujuan pembicaraan, dan perasaan yang berlangsung dalam pembicaraan. (2) Pendekatan komunikatif berarti seperangkat asumsi yang mengacu pada teori-teori mengenai hakikat bahasa dan pembelajaran bahasa yang bersifat fungsional yang bertindak sebagai sumber praktek dan prinsip di dalam pengajaran bahasa, dimana dalam pengajarannya lebih menekankan bagaimana siswa dapat menguasai penggunaan bahasa, yaitu menggunakan bahasa sebagai alat komunikasi, bukan hanya sekedar mengusahakan bagaimana siswa dapat menguasai struktur bahasa. (3) Metode- metode yang dapat dipakai dalam pengajaran bahasa Arab antara lain: Direct Method atau metode langsung serta metode-metode yang sepadan dengan metode langsung, seperti “metode alamiah”, “Metode Psikologi”, “Metode Percakapan (Conversation Method)”, dan metodemetode lain yang sejenis, Metode The Silent Way, Metode Sugestopodia, dan Metode Community Language Learning. (4) Prosedur pengajaran bahasa Arab dengan Pendekatan Komunikatif ialah: Dengar-Ucap ulang, Dengar-Tulis, Baca- Tulis, Menyempurnakan kalimat, Latihan, Menyempurnakan karangan, Reka cerita, Tanya-jawab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Prof. Dr. H. Nizar Ali, M.Ag
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 20 Nov 2014 08:00
Last Modified: 21 Jul 2017 14:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14596

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum