PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MIN PATUK SUMBEREJO GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2013/2014

SITI ROHIMAH , NIM. 10420060 (2014) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MIN PATUK SUMBEREJO GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MIN PATUK SUMBEREJO GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2013/2014)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (26MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MIN PATUK SUMBEREJO GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2013/2014)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (494kB)

Abstract

Siti Rohimah, Pengembangan Media Komik Bahasa Arab di MIN Patuk Sumberejo Gunungkidul 2013/2014. Skripsi. Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2014. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan, yaitu penelitian yang bertujuan untuk menegembangkan dan atau memvalidasi produk-produk yang di gunakan dalam pendidikan. Penelitian ini dimaksudkan untuk menghasilkan sebuah produk media pembelajaran bahasa Arab, berupa komik pembelajaran bahasa Arab. Model penelitian yang digunakan adalah adaptasi dari penelitian pengembangan ADDIE (Analisis, Design, development, Implementation, Evaluate). Komik ini bertujuan untuk memberi semangat pada siswa untuk gemar membaca dan belajar bahasa Arab dengan menyenangkan, serta membantu memberikan alternatif media pembelajaran bahasa Arab. Metode pengumpulan data dilakukakan dengan menggunakan metode tes, wawancara, angket, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif dengan menggunakan dua variabel, yaitu variabel penyusunan buku komik bahasa Arab dan kualitas buku komik bahasa Arab. Kualitas komik bahasa Arab berdasarkan dari penilaian satu orang dosen sebagai ahli materi, satu orang dosen sebagai ahli bahasa, satu orang dosen ahli media, empat orang peer reviewer ( teman sejawat) dan reviewer ( 3 orang guru bahasa Arab dan 14 siswa kelas 4). Berdasarkan hasil penilaian kualitas komik yang dilakukan oleh satu orang ahli materi, satu orang ahli bahasa, satu orang ahli media, satu orang dosen PBA dan peer reviewer memperoleh nilai dengan kategori B (Baik). Hasil penilaian serta tanggapan siswa memperoleh nilai dengan kategori SS (Sangat Setuju). Berdasarkan penilaian tersebut, maka komik bahasa Arab dengan materi pokok اُسْرَتِى Usrot_ (keluargaku) untuk kelas IV MI/SD layak digunakan sebagai media belajar alternatif bagi siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : M.Jafar Shodiq, M.S.I,
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Pengembangan, Media Komik, Pembelajaran bahasa Arab.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 28 Nov 2014 09:30
Last Modified: 26 Jul 2017 11:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14719

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum