KONSEP DESAIN KOMUNIKASI VISUAL WEBSITE MUSLIM.OR.ID SEBAGAI MEDIA DAKWAH

BAYU BUDI UTOMO , NIM. 10210031 (2014) KONSEP DESAIN KOMUNIKASI VISUAL WEBSITE MUSLIM.OR.ID SEBAGAI MEDIA DAKWAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KONSEP DESAIN KOMUNIKASI VISUAL WEBSITE MUSLIM.OR.ID SEBAGAI MEDIA DAKWAH)
10210031_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (15MB) | Preview
[img] Text (KONSEP DESAIN KOMUNIKASI VISUAL WEBSITE MUSLIM.OR.ID SEBAGAI MEDIA DAKWAH)
10210031_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Bayu Budi Utomo, 10210031.2014. Konsep Desain Komunikasi Visual Website Muslim.or.id sebagai Media Dakwah. Skripsi: Program Strata Satu Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Aktivitas dakwah di era modern ini telah banyak menggunakan berbagai media penunjang yang efektif dan efisien. Salah satunya adalah media internet, khususnya website yang digunakan sebagai media dakwah menjadi media yang paling efektif dan efisien dalam menyebarkan informasi kepada audience dibanding televisi dan radio. Seperti dakwah yang dilakukan melalui website muslim.or.id, yaitu salah satu website yang dikelola oleh mahasiswa dan alumni UGM di daerah Yogyakarta. Muslim.or.id berusaha menyebarkan dakwah Islamiyyah Ahlusunnah wal Jama’ah di jagad maya. Meskipun website merupakan media informasi yang paling efektif dibanding televisi dan radio, namun tidak mudah menarik audience untuk mengunjungi suatu website tertentu, khususnya website dakwah. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah konsep desain komunikasi visual untuk membuat sebuah tampilan desain yang menarik, komunikatif dan efisien untuk dikunjungi audience. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif dengan fokus penelitian konsep desain komunikasi visual website Muslim.or.id dengan penekanan unsur-unsur desain antara lain garis, bidang, warna, ilustrasi, tipografi, fotografi dan tata letak (layout) dilihat dari dua prinsip desain komunikasi visual yaitu keseimbangan (Balance) dan kesatuan (unity). Objek penelitian ini adalah website Muslim.or.id dengan rumusan masalah bagaimana konsep desain komunikasi visual website Muslim.or.id dalam penggunaan unsur-unsur desain sebagai media dakwah. Setelah melakukan penelitian dengan data yang diperoleh dapat ditarik kesimpulan bahwa konsep desain komunikasi visual yang digunakan website muslim.or.id menggunakan prinsip keseimbangan (balance) dan kesatuan (unity) yang diterapkan pada unsur-unsur desain yang terkandung, yaitu garis, bidang, warna, simbol, tipografi, fotografi dan layout. Dengan kedua prinsip desain komunikasi visual tersebut maka tampilan website akan terlihat seimbang, harmonis, terlihat menyatu dan menambah nilai estetika yang mengundang rasa penasaran dan ketertarikan audience untuk mengunjungi website ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Saptoni S.Ag, M.A
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Konsep Desain Komunikasi Visual, Website Muslim.or.id, Unsur-unsur Desain, Prinsip-prinsip Desain Komunikasi Visual.
Subjects: Komunikasi Islam
Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 03 Dec 2014 11:04
Last Modified: 16 Oct 2015 15:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14946

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum