EFEKTIVITAS METODE THINK PAIR SHARE DAN TALKING STICK TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK

KAUSAR HI PUASA , NIM. 10680011 (2015) EFEKTIVITAS METODE THINK PAIR SHARE DAN TALKING STICK TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( EFEKTIVITAS METODE THINK PAIR SHARE DAN TALKING STICK TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK )
10680011_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text ( EFEKTIVITAS METODE THINK PAIR SHARE DAN TALKING STICK TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK )
10680011_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Motivasi dan hasil belajar yang belum maksimal merupakan permasalahan yang sering ditemui disekolah salahsatunya di SMP Muhammadiyah 3 Depok. Oleh karena itu dibutuhkan pembelajaran yang efektif dan inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas: 1) Metode Think pair share dan Talking stick terhadap motivasi belajar pada materi klasifikasi tumbuhan dan hewan, 2) Metode Think pair share dan Talking stick terhadap hasil belajar siswa pada materi klasifikasi tumbuhan dan hewan Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu (Quasy Experimen) dengan desain penelitian pretest-posttes control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Muhammadiyah 3 Depok. Sempel yang digunakan adalah 3 kelas yang dipilih secara random, yaitu kelas VIIA sebagai kelas kontrol, kelas VIIB sebagai kelas eksperimen pertama (pembelajaran dengan metode Think pair share) dan kelas VIID sebagai kelas eksperimen kedua (pembelajaran dengan metode Think pair share dan Talking stick). Pengumpulan data menggunakan data test dan angket motivasi belajar. Analisis data menggunakan uji One Way Anova untuk data hasil belajar dan uji Kruskal Wallis untuk data motivasi belajar. Hasil uji statistik Kruskal Wallis motivasi belajar siswa diperoleh nilai p- value sebesar < (0,05). Sedangkan hasil belajar siswa pengujian mengunakan One Way Anova diperoleh nilai p-value < 0,05. Hasil analisis data menunjukan bahwa: 1) Terdapat efektivitas metode think pair share dan talking stick terhadap motivasi belajar siswa, 2) Terdapat efektivitas metode think pair share dan talking stick terhadap hasil belajar kognitif siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Runtut Prih Utami, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Hasil Belajar, Motivasi Belajar, Talking stick, Think pair share
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 30 Jan 2015 13:42
Last Modified: 07 Mar 2016 09:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15444

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum