PESAN SOSIAL DALAM CERITA ANAK (CERNAK) DI RUBRIK KAWANKU DALAM SURAT KABAR HARIAN (SKH) KEDAULATAN RAKYAT EDISI 5 JANUARI – 27 APRIL 2014

INTIHAUL KHIYAROH, NIM. 11210051 (2015) PESAN SOSIAL DALAM CERITA ANAK (CERNAK) DI RUBRIK KAWANKU DALAM SURAT KABAR HARIAN (SKH) KEDAULATAN RAKYAT EDISI 5 JANUARI – 27 APRIL 2014. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PESAN SOSIAL DALAM CERITA ANAK (CERNAK) DI RUBRIK KAWANKU DALAM SURAT KABAR HARIAN (SKH) KEDAULATAN RAKYAT EDISI 5 JANUARI – 27 APRIL 2014)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PESAN SOSIAL DALAM CERITA ANAK (CERNAK) DI RUBRIK KAWANKU DALAM SURAT KABAR HARIAN (SKH) KEDAULATAN RAKYAT EDISI 5 JANUARI – 27 APRIL 2014)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (970kB)

Abstract

Intihaul Khiyaroh 11210051. Skripsi ini berjudul “Pesan Sosial Dalam Cerita Anak (CERNAK) di Rubrik Kawanku Dalam Surat Kabar Harian (SKH) Kedaulatan Rakyat Edisi 5 Januari – 27 April 2014” dua hal yang melatarbelakangi pemilihan judul ini, yaitu nilai sosial yang terkandung dalam cernak di rubrik Kawanku ini memiliki banyak variasi cerita tentang kehidupan sehari-hari yang relevan dengan dakwah Islam. Dan pentingnya pesan sosial bagi anak-anak untuk keberlangsungan dalam kewhidupan bermasyarakat, maka penanaman pesan sosial sejak dini harus benar-benar diperhatikan, sebab penanaman pesan sosial yang baik menjadi modal dasar atas perkembangan pribadi anak selanjutnya. Di tengah semakin menurunnya minat baca generasi muda, di antara media online yang sangat pesat perkembangannya saat ini. Dibutuhkan banyak media baca yang menarik sekaligus memiliki manfaat lebih untuk generasi muda kita. Maka dengan adanya konsep baru SKH Kedaulatan Rakyat yang setiap minggunya menghadirkan satu rubrik khusus yang salah satunya adalah cernak, di samping orang tua bisa membaca berita anak pun bisa menikmati isi dari cernak tersebut. cerita anak memang memiliki konsep menarik dan manfaat. Menarik disini sebab memang konsep rubrik yang dibuat khusus anak mulai dari aneka variasi gambar dan memiliki tema-tema yang lucu dan menarik untuk dibaca karena sesuai dengan kehidupan sehari-hari.. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif analisis dengan paradigm kritis yaitu meneliti secara mendalam pesan sosial dalam cernak di rubrik Kawanku yang berada dalam SKH Kedaulatan Rakyat dan dengan menggunakan analisis isi (content analysis) sebagai teknik analisis datanya. Berdasarkan analisis penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa cerita anak di rubrik Kawanku dalam SKH Kedaulatan Rakyat edisi 5 Januari – 27 April 2014 mengandung beberapa pesan sosial yang relevan terhadap dakwah di dalamnya antara lain: tolong menolong, kepedulian terhadap sesama manusia dan makhluk lainnya, saling memberi dan mengasihi, menghargai orang lain, saling memaafkan, intropeksi diri dan berusaha menjadi lebih baik, patuh kepada orang tua, dan berhati-hati dalam berbicara. Dengan adanya kandungan pesan-pesan sosial maka semakin menegaskan eksistensi SKH Kedaulatan Rakyat yang memang mengandung pesan-pesan sosial yang perlu dikomunikasikan sejak dini pada anak-anak generasi penerus bangsa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Hj. Anisah Indriati, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Pesan Sosial, Cerita Anak, Rubrik Kawanku, dan SKH Kedaulatan Rakyat
Subjects: Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 09 Apr 2015 12:58
Last Modified: 09 Apr 2015 12:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15615

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum