PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDI KEANEKARAGAMAN TUMBUHAN ANGIOSPERMAE BERBASIS POTENSI LOKAL DI MTs NEGERI SEYEGAN DENGAN MUATAN KEISLAMAN

IIS IRAWATI, NIM. 10680032 (2015) PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDI KEANEKARAGAMAN TUMBUHAN ANGIOSPERMAE BERBASIS POTENSI LOKAL DI MTs NEGERI SEYEGAN DENGAN MUATAN KEISLAMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDI KEANEKARAGAMAN TUMBUHAN ANGIOSPERMAE BERBASIS POTENSI LOKAL DI MTs NEGERI SEYEGAN DENGAN MUATAN KEISLAMAN)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDI KEANEKARAGAMAN TUMBUHAN ANGIOSPERMAE BERBASIS POTENSI LOKAL DI MTs NEGERI SEYEGAN DENGAN MUATAN KEISLAMAN)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan ensiklopedi keanekaragaman tumbuhan angiospermae berbasis potensi lokal di MTs Negeri Seyegan dengan muatan keislaman untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs) kelas VII semester II dan mengetahui kualitas produk yang disusun. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) yang menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Instrumen penelitian berupa lembar wawancara, observasi dan angket penilaian kualitas dalam bentuk checklist menggunakan skala likert. Penilaian dilakukan oleh satu orang ahli materi, satu orang ahli media, lima orang peer reviewer, tiga orang guru IPA dan 31 siswa kelas VII. Data yang diperoleh berupa data kualitatif yang diubah kuantitatif kemudian ditabulasi dan dianalisis secara deskriptif untuk mengetahui kualitas produk yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas ensiklopedi yang dikembangkan masuk dalam kategori sangat baik (SB) menurut ahli dengan peresentase keidealan 93,8%; peer reviewer 89,1% dan guru IPA 98,1%. Adapun respon siswa mendapatkan kategori sangat setuju (SS) dengan persentase keidealan 92,3%. Produk yang telah dikembangkan perlu diimplementasikan untuk mengetahui kelayakan produk, sehingga dapat digunakan sebagai salah satu sumber belajar siswa kelas VII semester II SMP/MTs.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dias Idha Pramesti, S.Si., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: ensiklopedi, keanekaragaman tumbuhan angiospermae, potensi lokal dan muatan keislaman
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 17 Apr 2015 08:27
Last Modified: 17 Apr 2015 08:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15798

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum