PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KINERJA GURU DAN NILAI TAHFIDZ TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA SD MUHAMMADIYAH SURONA

FITRIA DIAN AYU RACHMAWATI, NIM 1220411204 (2014) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KINERJA GURU DAN NILAI TAHFIDZ TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA SD MUHAMMADIYAH SURONA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KINERJA GURU DAN NILAI TAHFIDZ TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA SD MUHAMMADIYAH SURONA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KINERJA GURU DAN NILAI TAHFIDZ TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA SD MUHAMMADIYAH SURONA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian tentang prestasi belajar Bahasa Arab ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh persepsi siswa tentang kinerja guru terhadap prestasi belajar Bahasa Arab; (2) pengaruh nilai tahfidz terhadap prestasi belajar Bahasa Arab; (3) pengaruh persepsi siswa tentang kinerja guru dan nilai tahfidz secara simultan terhadap prestasi belajar Bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan desain asosiatif dalam melakukan eksplanasi objek penelitian tentang variabel dependen/kriterium atas variabel independen/prediktor. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Muhammadiyah Suronatan yang terdaftar pada tahun ajaran 2013/2014 dengan jumlah populasi sebanyak 71 siswa. Pengumpulan data variabel persepsi siswa tentang kinerja guru menggunakan metode kuesioner, sedangkan nilai tahfidz dan prestasi belajar Bahasa Arab menggunakan dokumentasi. Instrumen berupa kuisioner yang dikembangkan terlebih dahulu diujicoba untuk mendapatkan informasi mengenai validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, persepsi siswa tentang kinerja guru dan nilai tahfidz secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar Bahasa Arab. Secara bersama-sama kedua variabel berkontribusi efektif sebesar 16,0%, di mana nilai tahfidz yang ternyata lebih mendominasi. Prestasi belajar Bahasa Arab yang diraih siswa semakin memuaskan apabila lebih banyak hafal al-Qur’an minimal juz ke-30 dan diimbangi peningkatan kinerja guru. Kedua, persepsi siswa tentang kinerja guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar Bahasa Arab. Kontribusi atau sumbangan efektif variabel persepsi siswa tentang kinerja guru sebesar 7,9% ketika nilai tahfidz tidak berubah/konstan. Apabila kinerja guru makin tinggi, meskipun hafalan al-Qur’an tidak berubah, tetap mampu meningkatkan prestasi belajar Bahasa Arab yang siswa raih. Ketiga, nilai tahfidz perpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar Bahasa Arab. Hafalan al-Qur’an (tahfidz) memiliki kontribusi efektif sebesar 8,1% ketika persepsi siswa tentang kinerja guru konstan. Apabila hafalan al-Qur’an siswa makin banyak, meskipun kinerja guru dipersepsikan tidak berubah, tetap mampu meningkatkan prestasi belajar Bahasa Arab. Kata kunci: prestasi belajar Bahasa Arab, kinerja guru, dan nilai tahfidz

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: PEMBIMBING: Prof. Dr. Ki Supriyoko, S.D.U., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: prestasi belajar Bahasa Arab, kinerja guru, dan nilai tahfidz
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 22 Apr 2015 09:28
Last Modified: 22 Apr 2015 09:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15830

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum