PENGARUH PERSEPSI SISWA TERHADAP PROFESIONALITAS GURU DAN MINAT SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN BAHASA ARAB TERHADAP NILAI UAS SISWA DI MT

NUR’AINI MUZAKKIYAH, NIM 1220410129 (2015) PENGARUH PERSEPSI SISWA TERHADAP PROFESIONALITAS GURU DAN MINAT SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN BAHASA ARAB TERHADAP NILAI UAS SISWA DI MT. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PERSEPSI SISWA TERHADAP PROFESIONALITAS GURU DAN MINAT SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN BAHASA ARAB TERHADAP NILAI UAS SISWA DI MT)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PERSEPSI SISWA TERHADAP PROFESIONALITAS GURU DAN MINAT SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN BAHASA ARAB TERHADAP NILAI UAS SISWA DI MT)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Kegiatan Ulangan Akhir Semester (UAS) merupakan salah satu rangakaian kegiatan evaluasi dalam proses belajar mengajar yang dilaksanakan setiap enam bulan sekali. Nilai UAS yang diperoleh merupakan salah satu tolak ukur sejauh mana keberhasilan proses belajar mengajar dalam semester tersebut, sehingga perlu dikaji faktor-faktor apa saja yang turut mempengaruhi nilai yang diperoleh agar dapat dijadikan perbaikan proses belajar mengajar pada semester berikutnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh persepsi siswa terhadap profesionalitas guru dan minat siswa terhadap mata pelajaran bahasa Arab terhadap nilai UAS siswa. Diasumsikan ada pengaruh yang signifikan, sebagaimana dirumuskan dalam hipotesis penelitian bahwa ada pengaruh yang signifikan antara persepsi siswa terhadap profesionalitas guru dan minat siswa terhadap mata pelajaran bahasa Arab terhadap nilai UAS siswa. Sampel yang diambil oleh peneliti berjumlah 80 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket dan dokumentasi. Hasil Penelitian: 1) Tingkat persepsi siswa terhadap profesionalitas guru bahasa Arab di MTs Negeri Lab UIN Yogyakarta dapat digolongkan dalam kategori sangat baik, yakni skor rata-ratanya mencapai persentase 79,84%. 2) Tingkat minat siswa terhadap mata pelajaran bahasa Arab di MTs Negeri Lab UIN Yogyakarta dapat digolongkan dalam kategori baik, dengan skor rata-rata mencapai persentase 64,94%. 3) Tidak ada pengaruh positif yang signifikan antara persepsi siswa terhadap profesionalitas guru terhadap nilai UAS siswa. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai t hitung sebesar 0,789 lebih kecil dari nilai t tabel yaitu 1,99 dengan nilai signifikansi sebesar 0,433 lebih besar dari 0,05. 4) Ada pengaruh positif yang signifikan antara minat siswa terhadap mata pelajaran bahasa Arab terhadap nilai UAS siswa. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai t hitung sebesar 2,899 lebih besar dari t tabel yaitu 1,99 dengan nilai signifikansi sebesar 0,005 lebih kecil dari 0,05. 5) Ada pengaruh yang signifikan antara persepsi siswa terhadap profesionalitas guru dan minat siswa terhadap mata pelajaran bahasa Arab, terhadap nilai UAS siswa. Hal ini didasarkan pada hasil perhitungan uji F, diperoleh nilai F hitung sebesar 4,276 dengan nilai signifikansi 0,017. Nilai F tersebut lebih kecil dari nilai F tabel, yaitu 3,44. Variabel persepsi siswa memberikan sumbangan efektif (SE) sebesar 0,36 % dan sumbangan relative (SR) sebesar 3,6%. Sedangkan variabel minat siswa memberikan sumbangan efektif sebesar 9,66%, dan sumbangan relatif sebesar 96,4%. Kata kunci: persepsi siswa, profesionalitas guru, minat siswa, nilai UAS.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Siti Fathonah, M. Pd
Uncontrolled Keywords: persepsi siswa, profesionalitas guru, minat siswa, nilai UAS.
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 07 May 2015 07:51
Last Modified: 07 May 2015 07:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/15995

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum