PROBLEMATIKA PENERAPAN KURIKULUM 2013 MATA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS X MAN WONOSARI GUNUNGKIDUL

IRWAN MASRURI, NIM. 09420079 (2015) PROBLEMATIKA PENERAPAN KURIKULUM 2013 MATA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS X MAN WONOSARI GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PROBLEMATIKA PENERAPAN KURIKULUM 2013 MATA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS X MAN WONOSARI GUNUNGKIDUL)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PROBLEMATIKA PENERAPAN KURIKULUM 2013 MATA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS X MAN WONOSARI GUNUNGKIDUL)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (929kB)

Abstract

Irwan Masruri. Problematika Penerapan Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Bahasa Arab Di Kelas X MAN Wonosari Gunungkidul. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika penerapan kurikulum 3013 di MAN Wonosari Gunungkidul. Dari penelitian ini diharapkan dapat dijadikan tolok ukur dalam upaya meningkatkan keberhasilan proses belajar bahasa Arab dan dapat dijadikan sebagai bahan bahan pertimbangan dalam mengatasi permasalahan pembelajaran bahasa Arab. Jenis penelitian ini adalah field Research dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun tehnik pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara mendalam kepada sejumlah subjek dan informan serta dokumentasi. Analisis data dilakukan sejak awal penelitian dan selama proses dilaksanakan sampai kepada kesimpulan. Hasil penelitian ini, dapat diketahui bahwa pelaksanaan kurikulum 2013 sudah bisa berjalan, hal ini dapat dilihat dari proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik, berupa observasi, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan. Pada proses penilaian yang diterapkan pada kelas X MAN Wonosari Gunungkidul menggunakan penilaian yang sesuai dengan kurikulum 2013, yaitu penilaian otentik yang meliputi kompetensi sikap, ketrampilan dan pengetahuan. namun demikian, masih terdapat banyak problematika penerapan kurikulum 2013 dalam pelajaran bahasa Arab. Diantaranya: cakupan penilaian raport siswa yang mencakup 3 hal yaitu pengetahuan, ketrampilan dan sikap. Hal ini akan menyulitkan para guru untuk merumuskan nilai siswa. Lemahnya Input siswa yang sulit untuk berfikir mandiri. Penambahan waktu pembelajaran dinilai sebagai problem. Tidak semua guru memahami kurikulum 2013, sehingga mengakibatkan guru belum mampu mengadakan perubahan dalam pembelajaran. Heterogenitas siswa menjadi problem tersendiri. Keadaan yang kontras terjadi disana antara siswa yang lulusan pesantren/ Mts yang kompetensinya membaca dan menulis sangat baik dan lulusan SMP yang belum mengenal tulisan Arab sama sekali. Kurangnya minat belajar Bahasa Arab siswa menjadikan pelajaran ini tidak bisa dikuasai secara maksimal. Terbatasnya sumber bacaan di nilai sebagai problem pembelajaran bahasa Arab. Rasa pesimisme terhadap kemampuan siswa menjadi faktor penghambat pemahaman terhadap mata pelajaran ini. Selain dari itu, dukungan dari wali murid dinilai sangat kurang dan ini berdampak kurang maksimal pada peserta didik ketika belajar di rumah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. H Ahmad Rodli, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Problematika Penerapan, Kurikulum 2013, Bahasa Arab, Kelas X.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 20 May 2015 08:13
Last Modified: 20 May 2015 08:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16085

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum