PERMAINAN “TREASURE HUNT” UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA (STUDI EKSPERIMEN TERHADAP PEMBELAJARAN MUFRADÂT DI MTSN WONOSARI TAHUN AJARAN 2014/2015)

ISNA NURLAYLA BUCHORI, NIM. 11420025 (2015) PERMAINAN “TREASURE HUNT” UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA (STUDI EKSPERIMEN TERHADAP PEMBELAJARAN MUFRADÂT DI MTSN WONOSARI TAHUN AJARAN 2014/2015). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERMAINAN “TREASURE HUNT” UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA (STUDI EKSPERIMEN TERHADAP PEMBELAJARAN MUFRADÂT DI MTSN WONOSARI TAHUN AJARAN 2014/2015))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (22MB) | Preview
[img] Text (PERMAINAN “TREASURE HUNT” UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA (STUDI EKSPERIMEN TERHADAP PEMBELAJARAN MUFRADÂT DI MTSN WONOSARI TAHUN AJARAN 2014/2015))
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Isna Nurlayla Buchori, “Permainan “Treasure Hunt” Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa (Studi Eksperimen Terhadap Pembelajaran Mufradât Di MTsN Wonosari Tahun Ajaran 2014/2015)”. Skripsi, Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, UIN Sunan Kalijaga 2015. Penelitian ini, bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan permainan Treasure Hunt dalam pembelajaran bahasa Arab serta ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen (kelompok yang menggunakan permainan Treasure Hunt) dengan kelompok Kontrol (kelompok yang tidak menggunakan permainan Treasure Hunt), untuk meningkatkan kemampuan mufrodat siswa khususnya dalam maharah Qira’ah, melalui hasil belajar kelompok Eksperimen dan kontrol dengan menggunakan tes. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pengumpulan data dilakukan menggunakan metode tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk menguji keakuratan instrument, menggunakan uji validitas dengan rumus produc moment dan uji reabilitas menggunakan rumus Alpha. Persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas dan homogenitas dengan menggunakan rumus Kolmogrof-Smirnov. Analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kemampuan hasil belajar kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen, dan juga terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikan siswa kelompok eksperimen. Perbedaan ini dapat dilihar dari hasil skor rata-rata post test kelompok kontrol sebesar 6, 3571 sedangkan kelompok eksperimen memiliki rata-rata post-test sebesar 8,0714. Dan rata-rata peningkatan kelompok eksperimen sebesar 2,7143. Dengan ini dapat dibuktikan bahwa, pembelajaran dalam menggunakan permainan Treasure Hunt cukup efektif untuk meningkatkan hasil penguasaan mufrodat siswa kelas VIII MTs Negeri Wonosari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. H. Ahmad Rodli, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Permainan Treasure Hunt, Mufrodat, Maharah Qira’ah.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 20 May 2015 09:12
Last Modified: 20 May 2015 09:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16092

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum