APLIKASI PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT DALAM PEMBELAJARAN MAHĀRAH AL-KALĀM DAN DAMPAKNYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SANTRI DI PONDOK PESANTREN PUTRI MAMBA’US SHOLIHIN SUCI MANYAR

ZULY NURUL MAHMUDAH, NIM. 11420120 (2015) APLIKASI PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT DALAM PEMBELAJARAN MAHĀRAH AL-KALĀM DAN DAMPAKNYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SANTRI DI PONDOK PESANTREN PUTRI MAMBA’US SHOLIHIN SUCI MANYAR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (APLIKASI PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT DALAM PEMBELAJARAN MAHĀRAH AL-KALĀM DAN DAMPAKNYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SANTRI DI PONDOK PESANTREN PUTRI MAMBA’US SHOLIHIN SUCI MANYAR)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (15MB) | Preview
[img] Text (APLIKASI PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT DALAM PEMBELAJARAN MAHĀRAH AL-KALĀM DAN DAMPAKNYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SANTRI DI PONDOK PESANTREN PUTRI MAMBA’US SHOLIHIN SUCI MANYAR)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ZULY NURUL MAHMUDAH. Aplikasi Pemberian Reward dan Punishment dalam Pembelajaran Mahārah Al-Kalām dan Dampaknya Terhadap Motivasi Belajar Santri di Pondok Pesantren Putri Mamba’us Sholihin Suci Manyar Gresik. Skripsi. Yogyakarta : Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015. Latar belakang dari penelitian ini adalah adanya kewajiban bagi santri untuk menggunakan Bahasa Arab sebagai bahasa sehari-hari dan menjadikan reward dan punishment sebagai salah satu metode dalam pembelajaran, yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah dengan adanya reward dan punishment yang diterapkan bagaimana tanggapan santri, apakah reward dan punishment itu dapat menjadikan motivasi dalam belajar para santri atau justru mengganggu kenyamanan belajar. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang proses reward dan punishment dalam pembelajaran Al-Kalām, juga respon santri dengan adanya hal tersebut sehingga dapat diketahui dampaknya bagi keberlangsungan belajar santri. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar pondok pesantren putri Mamba’us Sholihin, pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi dan wawancara mendalam. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang telah dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaaan keabsahan atau kevalidan data dilakukan dengan tringulasi data. Hasil penelitian menunjukkan: (1) secara umum proses pemberian reward dan punishment di pondok pesantren putri Mamba’us Sholihin berjalan dengan baik, namun suatu metode pembelajaran itu tidak ada yang sempurna dan pastinya mengalami koreksi-koreksi salah satunya terkait cara penyidangan dalam punishmet yang belum bisa diterima oleh santri. (2) respon positif dari santri terkait reward dan punishment sedangkan respon negatif hanya ditunjukkan oleh cara punishment yang kurang sesuai. (3) dampaknya bagi santri adalah timbulnya semangat atau motivasi untuk selalu menggunakan bahasa namun ada juga santri yang mengabaikan adanya punishment.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. H. Ahmad Rodhi M.Si
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 25 May 2015 09:23
Last Modified: 25 May 2015 09:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16109

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum