PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT CITIZEN JOURNALISM MAHASISWA JURUSAN KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM UIN SUNAN KALIJAGA 2010/2011

NORICHA LISTIYANINGRUM, NIM. 09210066 (2015) PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT CITIZEN JOURNALISM MAHASISWA JURUSAN KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM UIN SUNAN KALIJAGA 2010/2011. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT CITIZEN JOURNALISM MAHASISWA JURUSAN KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM UIN SUNAN KALIJAGA 2010/2011)
09210066_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT CITIZEN JOURNALISM MAHASISWA JURUSAN KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM UIN SUNAN KALIJAGA 2010/2011)
09210066_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB)

Abstract

Noricha Listiyaningrum, 09210066. Skripsi : “Pengaruh Intensitas Penggunaan Media Sosial Terhadap Minat Citizen Journalism Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Sunan Kalijaga 2010/2011”. Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015. Hasil riset yang dilakukan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) dan Badan Pusat Statistik pada tahun 2013 menyatakan bahwa pengguna internet di Indonesia mencapai 71,19 juta pengguna. Sebagai sarana komunikasi yang ampuh media sosial yang merupakan bagian dari internet juga berpengaruh dalam pembentukan opini maupun perubahan sikap khalayak. Pada dasarnya hubungan media dengan audiens selalu dipahami secara linier, itu artinya media sosial dapat membentuk dan mempengaruhi perilaku seseorang namun tidak sebaliknya. Media sosial Kompasiana merupakan salah satu media sosial yang berbasis jurnalisme warga, dimana masyarakat umum dapat berkontribusi dalam memberikan informasi atau berita. Dalam penelitian ini peneliti ingin mengetahui bagaimana pengaruh dari media sosial tersebut terhadap minat citizen journalism mahasiswa.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari intensitas penggunaan media sosial kompasiana terhadap minat citizen journalsm mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Sunan Kalijaga angkatan 2010/2011. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Sunan Kalijaga 2010/2011 yang pernah mengaskes atau menggunakan media sosial kompasiana yang berjumlah 25 mahasiswa. teori yang digunakan dalam penelitian ini ialah teori stimulus organisme response (S-O-R) dimana dalam suatu proses komunikasi massa terdapat tiga tahapan di dalamnya yaitu perhatian, pengertian dan penerimaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model penelitian korelasi yang menggunakan uji nonparametrik Tau Kendall’s. Hasil uji hipotesis yang telah dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa dalam uji deskriptif, intesitas penggunaan media sosial dan minat citizen journalsim mahasiswa termasuk dalam kategori sedang, sedangkan koefisien korelasi dari pengaruh intensitas penggunaan media sosial terhadap minat citizen journalism sebesar 0,310 >0,240 (n=25, nilai tabel Tau Kendalls=0,240) disimpulkan terdapat pengaruh dari intensitas penggunaan media sosial terhadap minat citizen journalism. Hal ini dikarenakan dimensi-dimensi dari sebuah minat seperti pengetahuan, keaktifan dan kesiapan tidak semua dapat dipengaruhi oleh intensitas penggunaan media sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Mohammad Zamroni S.Sos.I., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : pengaruh penggunaan media sosial, citizen journalism, uji korelasi Tau Kendall’s.
Subjects: Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 11 Jun 2015 09:06
Last Modified: 11 Jun 2015 09:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16162

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum