PEMBAHARUAN PENDIDIKAN ISLAM HAJI SULONG DI PATANI 1927-1954

MISS HANAN BUERAHENG, NIM. 11120026 (2015) PEMBAHARUAN PENDIDIKAN ISLAM HAJI SULONG DI PATANI 1927-1954. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PEMBAHARUAN PENDIDIKAN ISLAM HAJI SULONG DI PATANI 1927-1954)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (PEMBAHARUAN PENDIDIKAN ISLAM HAJI SULONG DI PATANI 1927-1954)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Masyarakat Melayu Patani sering terpinggirkan dalam beberapa aspek seperti aspek kehidupan, sosial, politik, budaya, ekonomi, dan pendidikan.Di tengah-tenga situasi dan kondisi ini muncu seorang tokoh ulama yang terkenal yaitu Haji Sulong yang membangkitkan semangat masyarakat Malayu Pattani.Persoalan ini untuk diteliti, khususnya mengenai peran penting tokoh tersebut. Pokoh masalah dalam penelitian ini adalah “Pembaharuan pendidikan Islam Haji Sulong di Pattani 1927-1954”.Tokoh ini memiliki peran penting di bidang pendidikan.Pada tahun 1927 dia membangun pondok di Patani Selatan. Penelitian ini akan ditujukan pada rumusan masalah sebagai berikut. 1) Apa yang melatarbelakangi Haji Sulong melakukan pembaharuan pendidikan Islam di Pattani? 2). Bagaimana konsep pembaharuan pendidikan Islam Haji Sulong di Pattani?.Studi ini bertujuan untuk menjelaskan dan menggabarkan pembaharuan pendidikan Islam Haji Sulong dalam mengangkat harkat dan merabat masyarakat malayu Patani di Thailand Selatan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan sosiologi.Pendekatan ini digunankan untuk kajian ilmiah tentang kehidupan sosial manusia yang berusaha mencari tahu tentang hakekat dan sebab-sebab dari berbagai pola piker dan tindakan manusia yang teratur dapat perulang.Berbeda dengan psikologi yang memusatkan perhatiannya pada karakteristik pikiran dan tindakan orang perorangan, sosiologi hanya tertarik kepada pikiran dan tidakan yang dimunculkan seseorang sebagai anggota suatu kelompok atau masyarakat. Kemudian teori yang digunakan adalah Teori Behavioral, yaitu sebuah teori yang dicetuskan oleh Gage dan Berliner tentang perubahan tingkah laku sebagai hasil dari pengalaman.Kemudian teori ini berkembang menjadi aliran psikologi belajar yang berpengaruh terhadap pengembagan teori pendidikan dan pembelajaran yang dikenal sebagai aliran behavioristik.Aliran ini menekankan pada terbentuknya perilaku yang tampak sebagai hasil belajar. Hasil dalam penelitian ini yaitu pembaharuan pendidikan Islam Haji Sulong di Patani untuk membangunkan pendidikan tradisional mentadi madrasah, madrasah pertama yang di bangunkan di Patani Thailand Selatan. Selama dua tiga tahun, pondok (madrasah) yang di buka di Patani setelah itu ditutup oleh pemerintah Thailand. Kesungguhan, dan kesabaran Haji Sulong dalam memperjuangkan harkat dan martabat masyarakat Melayu patani dari kebijakan kerajaan Thai yang tidak memihak kepentingan mereka, yang mendapat dukungan dari masyarakat dalam maupun luar negeri. Akan tetapi cita-cita dan harapan masyarakat Melayu Patani yang ia perjuang hasilnya tidak di nikmati semasa hidupnya yang kemudian diteruskan oleh generasi muda Melayu Patani.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PEMBAHARUAN PENDIDIKAN ISLAM
Subjects: Sejarah Peradaban / Kebudayaan Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Sejarah Kebudayaan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 27 Jul 2015 08:25
Last Modified: 27 Jul 2015 08:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16353

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum