PENDIDIKAN TAUHID PERSPEKTIF NEUROSAINS DAN IMPLIKASINYA DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL (TELAAH PEMIKIRAN TAUFIQ PASIAK)

EKO GUNAWAN, NIM. 11410232 (2015) PENDIDIKAN TAUHID PERSPEKTIF NEUROSAINS DAN IMPLIKASINYA DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL (TELAAH PEMIKIRAN TAUFIQ PASIAK). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN TAUHID PERSPEKTIF NEUROSAINS DAN IMPLIKASINYA DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL (TELAAH PEMIKIRAN TAUFIQ PASIAK))
11410232_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (13MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN TAUHID PERSPEKTIF NEUROSAINS DAN IMPLIKASINYA DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL (TELAAH PEMIKIRAN TAUFIQ PASIAK))
11410232_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Eko Gunawan. Pendidikan Tauhid berdasarkan Neurosains dan Implikasinya dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual (Kajian terhadap Pemikiran Taufiq Pasiak). Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015. Latar belakang penelitian ini adalah pendidikan Tauhid yang belum dapat menjadi solusi degradasi moral yang terjadi pada masyarakat. Pendidikan Tauhid yang berjalan selama ini hanya menekankan pada kognisi peserta didik. Perlunya perspektif baru untuk mengembalikan pentingnya pendidikan Tauhid dalam menghadapi degradasi moral. Sudut pandang ilmu neurosains digunakan sebagai cara baru membuat konsep pendidikan yang memandang pentingnya pengembangan seluruh potensi manusia. Taufiq Pasiak sebagai neurosaintis memiliki pandangan baru tentang pendidikan dan pentingnya otak sebagai alat belajar. Pengembangan seluruh potensi otak berarti pula pengembangan terhadap potensi spiritual yang diyakini dapat menjawab kekeringan moral yang terjadi dalam masyarakat. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian kualitatif yang menekankan pada kajian kepustakaan (library research). Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan metode dokumentasi. Adapun metode analisisnya adalah menggunakan metode analisis deskriptif dan deduksi untuk memperoleh sebuah kesimpulan penelitian. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan neurobiologi. Pendekatan neurobiologi adalah pendekatan untuk mengetahui kondisi psikologi seseorang dengan mengaitkan tingkah laku individu dengan kejadian-kejadian di dalam otak dan sistem syaraf. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan Tauhid berdasarkan neurosains sangat memperhatikan otak dan kesiapannya untuk belajar. Perkembangan otak, cara kerja, dan kondisi otak menjadi pertimbangan utama dalam proses pendidikan. Meskipun berdampak kepada seluruh aspek pendidikan seperti tujuan, materi, pendidik, peserta didik dan lainnya, strategi dan metode pembelajaran adalah terpenting dalam konsep pendidikan yang didasarkan pada neurosains. Strategi dan metode pembelajaran yang tepat akan memaksimalkan masuknya materi ataupun nilai-nilai yang ditanamkan kepada peserta didik. Meningkatnya spiritualitas seseorang dipengaruhi oleh pengetahuan dan memori kuat yang tertanam dalam otaknya. Yang terpenting tetaplah pengetahuan, namun pengembangan yang utuh adalah kunci utama untuk mendapatkan pengetahuan secara menyeluruh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Karwadi, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kecerdasan Spiritual, Pendidikan Tauhid, Taufiq Pasiak.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 27 Jul 2015 08:25
Last Modified: 27 Jul 2015 08:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16364

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum