PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MENGGUNAKAN ADOBE FLASH PROFESSIONAL CS5 PADA MATERI PERILAKU DENDAM DAN MUNAFIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 BATURETNO WONOGIRI

DWI ASTUTI DEWI PURWITASARI, NIM. 11410199 (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MENGGUNAKAN ADOBE FLASH PROFESSIONAL CS5 PADA MATERI PERILAKU DENDAM DAN MUNAFIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 BATURETNO WONOGIRI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MENGGUNAKAN ADOBE FLASH PROFESSIONAL CS5 PADA MATERI PERILAKU DENDAM DAN MUNAFIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 BATURETNO WONOGIRI)
11410199_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MENGGUNAKAN ADOBE FLASH PROFESSIONAL CS5 PADA MATERI PERILAKU DENDAM DAN MUNAFIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 BATURETNO WONOGIRI)
11410199_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

DWI ASTUTI DEWI PURWITASARI. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pendidikan Agama Islam Menggunakan Adobe Flash Professional CS5 pada Materi Perilaku Dendam dan Munafik Kelas VIII di SMP Negeri 2 Baturetno Wonogiri. Skripsi. Yogyakarta : Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015. Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa pembelajaran Pendidikan Agama Islam belum memperlihatkan hasil yang memuaskan. Tidak sedikit peserta didik yang merasa jenuh dengan pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang mereka anggap penyampaian materi dilakukan secara monoton dan tidak mampu membangkitkan rasa ingin tahu mereka mengenai materi itu sendiri. Akibatnya, kristalisasi nilai dalam diri siswa kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model media pembelajaran interaktif yang sesuai diterapkan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi perilaku dendam dan munafik dan mengetahui media pembelajaran interaktif mampu memotivasi siswa untuk menghindari perilaku dendam dan munafik (kristalisasi nilai). Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau disebut Research and Development (R&D). Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif, yaitu memaparkan produk media hasil rekayasa, menguji tingkat validasi dan keandalan program. Selanjutnya data yang bersifat komunikatif diproses dengan jumlah yang diharapkan dan diperoleh persentase. Analisis data kristalisasi nilai dihitung dengan rumus uji “t” dengan menggunakan SPSS 16.0 dilanjutkan dengan penghitungan uji “r”. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa : (1) Model media pembelajaran interaktif yang sesuai diterapkan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi perilaku dendam dan munafik kelas VIII adalah media pembelajaran interaktif yang dilengkapi dengan alat pengontrol yang dapat dioperasikan oleh peserta didik yang dapat dimanfaatkan peserta didik untuk belajar mandiri di sekolah ketika guru berhalangan hadir dalam kegiatan belajar mengajar di kelas maupun untuk belajar mandiri di rumah untuk lebih memahami materi yang dipelajarinya secara lebih mendalam. Media pembelajaran interaktif yang peneliti buat memiliki persentase kelayakan 88% dengan interpetasi sangat layak. (2) Media pembelajaran interaktif Pendidikan Agama Islam menggunakan Adobe Flash Professional CS5 pada materi perilaku dendam dan munafik kelas VIII mampu memberi motivasi pada siswa di SMP Negeri 2 Baturetno Wonogiri untuk menghindari perilaku dendam dan munafik (kristalisasi nilai). Hal ini dapat dibuktikan bahwa pada uji “t” diperoleh nilai t hitung < t tabel (-3,182 < -2,31) dan tingkat signifikansi p value atau α = 0,013 dimana 0,013 < 0,05. Data tersebut menunjukkan bahwa ada hubungan antara media pembelajaran interaktif dengan kristalisasi nilai siswa. Setelah uji “t”, dilanjutkan dengan uji “r” dan diperoleh nilai r = 0,747 dimana 0,747 ˃ 0,5 dimana r > 0,5 dimana 0,747 > 0,5 yang menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif ini memiliki efek yang substansif terhadap kristalisasi nilai siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Moch. Fuad, M.Pd
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 27 Jul 2015 10:32
Last Modified: 27 Jul 2015 10:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16383

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum