KORELASI PENDIDIKAN LINGKUNGAN KELUARGA SISWA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR PAI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA

YESI AMELIA AFRIYANI, NIM. 11410179 (2015) KORELASI PENDIDIKAN LINGKUNGAN KELUARGA SISWA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR PAI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KORELASI PENDIDIKAN LINGKUNGAN KELUARGA SISWA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR PAI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA)
11410179_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (18MB) | Preview
[img] Text (KORELASI PENDIDIKAN LINGKUNGAN KELUARGA SISWA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR PAI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA)
11410179_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

YESI AMELIA AFRIYANI. Korelasi Pendidikan Lingkungan Keluarga Siswa dan Kemandirian Belajar Siswa dengan Prestasi Belajar PAI siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015. Latar belakang penelitian ini adalah pendidikan dalam lingkup keluarga seringkali disebut sebagai lingkungan pertama, sebab dalam lingkungan inilah pertama-tama anak mendapat pendidikan, bimbingan, asuhan, pembiasaan, serta latihan. Pendidikan lingkungan keluarga dan kemandirian belajar siswa mempunyai peran yang strategis dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Jika siswa mempunyai kemandirian belajar dan dukungan lingkungan keluarga yang tinggi, maka prestasi belajar yang diraih akan menjadi baik, begitupun sebaliknya. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah bagaimana korelasi pendidikan lingkungan keluarga siswa dan kemandirian belajar siswa dengan prestasi belajar PAI secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara pendidikan lingkungan keluarga dan kemandiran belajar siswa dengan prestasi belajar PAI siswa SMP Negeri 15 Yogyakarta. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Yogyakarta tahun pelajaran 2014/2015. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik cluster random sampling atas pertimbangan guru PAI, yaitu kelas VIII B, VIII C, VIIII D, dan VIII E dengan jumlah sampel sebanyak 125 siswa. Data dikumpulkan menggunakan angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan reliabilitas. Hasil analisis validitas pada angket pendidikan lingkungan keluarga siswa menunjukkan 32 butir angket terbukti valid dan 3 butir angket tidak valid, sedangkan hasil analisis validitas pada angket kemandirian belajar siswa menunjukkan 31 butir angket terbukti valid dan 4 butir angket tidak valid. Untuk hasil analisis reliabilitas pada angket pendidikan lingkungan keluarga siswa menunjukkan koefisien reliabilitas sebesar 0,749 dan dinyatakan reliabel, sedangkan hasil analisis reliabilitas pada angket kemandirian belajar siswa menunjukkan koefisien reliabilitas sebesar 0,718 dan dinyatakan reliabel. Analisis data meliputi analisis korelasi dalam penelitian ini menggunakan teknik korelasi product moment dan multiple correlation. Hasil penelitian menunjukkan: 1) pendidikan lingkungan keluarga siswa memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan prestasi belajar PAI. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,177 dengan taraf signifikan 0,049, karena taraf signifikan < 0,05 maka dapat disimpulkan Ha diterima dan Ho ditolak. 2) kemandirian belajar siswa tidak memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan prestasi belajar PAI. Hal ini ditunujukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,170 dengan taraf signifikan 0,057, kerana taraf signifikan > 0,05 maka dapat disimpulkan Ha ditolak dan Ho diterima. 3) ada hubungan yang signifikan antara pendidikan lingkungan keluarga siswa dan kemandirian belajar siswa dengan prestasi belajar PAI. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,177 sementara rtabel 5% sebesar 0,176, maka dapat disimpulkan Ha diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. Sri sumarni, M. Pd.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 27 Jul 2015 13:17
Last Modified: 27 Jul 2015 13:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16392

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum