EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI PERUBAHAN KENAMPAKAN BUMI DAN BENDA LANGIT KELAS IV MIN YOGYAKARTA I

FEBRI DANI ASTUTI, NIM. 11481011 (2015) EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI PERUBAHAN KENAMPAKAN BUMI DAN BENDA LANGIT KELAS IV MIN YOGYAKARTA I. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI PERUBAHAN KENAMPAKAN BUMI DAN BENDA LANGIT KELAS IV MIN YOGYAKARTA I)
11481011_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (14MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI PERUBAHAN KENAMPAKAN BUMI DAN BENDA LANGIT KELAS IV MIN YOGYAKARTA I)
11481011_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Febri Dani Astuti, “Efektivitas Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Perubahan Kenampakan Bumi dan Benda Langit Kelas IV MIN Yogyakarta I”. Skripsi, Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran IPA di kelas IV MIN Yogyakarta I lebih efektif menerapkan model discovery learning, dibandingkan dengan pembelajaran IPA menggunakan model pembelajaran ekspositori. Jenis penelitian adalah kuasi eksperimen, dengan desain nonequivalent control group design dimana subjek penelitiannya adalah siswa MIN Yogyakarta I kelas IV tahun ajaran 2014/2015. Dalam menentukan kelasnya diambil secara simple random sampling. Dari populasi di sekolah yang diteliti diambil sampel 2 kelas homogen, sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Untuk menguji keakuratan instrumen dilakukan dengan uji validitas dengan rumus Product Moment, uji reliabilitas dengan menggunakan Cronbach Alpha, uji tingkat kesukaran dan daya pembeda. Persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas dengan rumus Shapiro-Wilk, uji homogenitas dan pengujian rata-rata menggunakan statistik non-parametris yaitu uji Mann-Whitney U. Teknik analisis data menggunakan bantuan SPSS 16.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil statistik deskriptif dilihat dari perbedaan hasil rata-rata nilai N-gain kelompok eksperimen sebesar 0,67 sedangkan kelompok kontrol sebesar 0,45. Uji kesamaan rata-rata menunjukkan bahwa hasil N-gain memiliki nilai sig sebesar 0,032 < 0,05, maka ditolak. Artinya diterimanya Ha, yaitu terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Hal tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran IPA dengan model discovery learning lebih efektif dibandingkan model ekspositori terhadap hasil belajar siswa dalam kategori sedang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Moh. Agung Rokhimawan, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Keyword: Discovery Learning, Hasil Belajar.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 29 Jul 2015 09:05
Last Modified: 29 Jul 2015 09:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16469

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum