IMPLEMENTASI MULTIPLE INTELLIGENCES DALAM MENGEMBANGKAN POTENSI ANAK (STUDI KASUS DI SDIT BINA ANAK SHOLEH YOGYAKARTA)

RIFKA KHOIRUN NADA, NIM. 11480060 (2015) IMPLEMENTASI MULTIPLE INTELLIGENCES DALAM MENGEMBANGKAN POTENSI ANAK (STUDI KASUS DI SDIT BINA ANAK SHOLEH YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI MULTIPLE INTELLIGENCES DALAM MENGEMBANGKAN POTENSI ANAK (STUDI KASUS DI SDIT BINA ANAK SHOLEH YOGYAKARTA))
11480060_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (27MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI MULTIPLE INTELLIGENCES DALAM MENGEMBANGKAN POTENSI ANAK (STUDI KASUS DI SDIT BINA ANAK SHOLEH YOGYAKARTA))
11480060_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

RIFKA KHOIRUN NADA. Implementasi Multiple Intelligences dalam Mengembangkan Potensi Anak (Studi Kasus di SDIT Bina Anak Sholeh Yogyakarta). Skripsi. Yogyakarta: Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pola pendidikan yang dilaksanakan selama ini masih memberikan perlakuan dan layanan pendidikan yang sama kepada semua peserta didik. Padahal, mereka berbeda tingkat kecakapan, kecerdasan, minat, bakat dan kreativitasnya. Penggalian kecerdasan peserta didik masih sangat jarang dilakukan sebagai sandaran utama dalam pelaksanaan kegiatan dan pembelajaran di sekolah. Kecenderungan minat, bakat, talenta dan ketrampilan dasar belum menjadi bagian yang integral. Dalam teori Gardner (multiple intelligences) yang mengembangkan 9 kecerdasan, pendidik dapat menumbuh kembangkan prestasi siswa secara menyeluruh. Konsep multiple intelligences yang menitik beratkan pada ranah keunikan selalu menemukan kelebihan setiap anak. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan jenis penelitian campuran (mixed methodology). Strategi metode campuran yang digunakan dalam penelitian ini adalah embedded konkuren. Subjek penelitian adalah Kepala Sekolah SDIT Bina Anak Sholeh Yogyakarta, koordinator bidang akademik, wali kelas V, ustadz/ustadzah yang mengampu mata pelajaran di kelas V, pendamping kegiatan ekstrakulikuler dan siswa kelas V. Objeknya adalah pelaksanaan kegiatan intrakulikuler dan ekstrakulikuler sebagai bentuk implementasi multiple intelligences dalam mengembangkan potensi siswa di SDIT Bina Anak Sholeh Yogyakarta. Pengumpulan data dengan teknik angket, wawancara, dan observasi. Analisis data dalam penelitian campuran (mixed methodology) menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Analisis data kuantitatif dalam penelitian ini menggunakan rumus pengkatagorian milik Sukarjo sedangkan untuk analisis data kualitatif menggunakan deskriptif kualitatif dengan metode induktif. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) implementasi multiple intelligences dalam mengembangkan potensi siswa di SDIT Bina Anak Sholeh Yogyakarta melalui kegiatan keseharian, kegiatan pembelajaran intrakulikuler dengan menggunakan metode pembelajaran yang bervariatif meliputi pendekatan pendekatan kecerdasan yang dimiliki siswa, selain itu juga pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler yang dapat mengembangkan masing-masing kecerdasan; 2) hasil multiple intelligences dalam mengembangkan potensi siswa di SDIT Bina Anak Sholeh Yogyakarta dalam hasil angket dari keseluruhan aspek kecerdasan diperoleh hasil rata-rata 3,32 yang menunjukkan katagori “baik” dan didukung dari hasil wawancara dan observasi SDIT Bina Anak Sholeh Yogyakarta mampu mengembangkan potensi siswanya melalui sembilan aspek kecerdasan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Maemonah, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Implementasi, Multiple Intelligences, Potensi, Anak.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 29 Jul 2015 09:15
Last Modified: 29 Jul 2015 09:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16475

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum