PELAKSANAAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KERAMIK DI SD NEGERI KASONGAN JERONTABAG BANGUNJIWO KASIHAN BANTUL

FERA EKA WIDAYANTI, NIM. 11480014 (2015) PELAKSANAAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KERAMIK DI SD NEGERI KASONGAN JERONTABAG BANGUNJIWO KASIHAN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PELAKSANAAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KERAMIK DI SD NEGERI KASONGAN JERONTABAG BANGUNJIWO KASIHAN BANTUL)
11480014_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (12MB) | Preview
[img] Text (PELAKSANAAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KERAMIK DI SD NEGERI KASONGAN JERONTABAG BANGUNJIWO KASIHAN BANTUL)
11480014_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Fera Eka Widayanti, “Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Keramik di SD Negeri Kasongan Jerontabag Bangunjiwo Kasihan Bantul”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015. SD Negeri Kasongan merupakan sekolah yang berada di lingkungan desa wisata keramik, oleh karenanya keramik menjadi salah satu ekstrakurikuler di sekolah tersebut. ekstrakurikuler keramik dilaksanakan pada kelas siswa kelas IV sampai dengan kelas VI secara bergantian. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan ekstrakurikuler keramik, dan apa saja faktor pendukung serta penghambat kegiatan ekstrakurikuler keramik ini. Penelitian ini adalah penelitian lapangan. Pengambilan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh berupa data kualitatif, sehingga analisis data yang dilakukan adalah analisis data kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan Kegiatan ekstrakurikuler keramik meliputi: (a) Perencanaan, mencakup materi yang diajarkan kepada siswa, peralatan dan bahan yang dibutuhkan. (b) Pelaksanaan, Kegiatan awal, Kegiatan inti, Kegiatan akhir (c) Monitoring dan Evaluasi, Dalam kegiatan monitoring dan evaluasi ini adalah memantau dan melakukan penilaian terhadap pembelajaran ekstrakurikuler keramik. (d) Tindak Lanjut Hasil Penilaian, berupa, pemberian motivasi agar siswa lebih giat lagi dalam belajar membuat keramik. (2) Faktor pendukung ekstrakurikuler keramik yaitu Dengan lingkungan sekolah adalah kawasan wisata keramik, siswa bisa belajar lebih banyak tentang aneka bentuk keramik, Lingkungan keluarga yang berlatar belakang pengrajin keramik, siswa bisa belajar keramik di rumah dan diterapkan di sekolah. (3) Faktor penghambat adalah Guru pembimbing yang hanya ada satu guru membuat pembelajaran kurang maksimal. kurangnya pemberian penghargaan pada siswa yang memiliki hasil karya bagus, waktu pelaksanaan kegiatan yang kurang kondusif, lokasi kegiatan jauh dari sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Hjh. Endang Sulistyowati, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Ekstrakurikuler, keramik
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 29 Jul 2015 11:23
Last Modified: 29 Jul 2015 11:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16496

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum