STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS I’DAD MADRASAH DINIYAH NURUL UMMAH PUTRI KOTAGEDE YOGYAKARTA 2014-2015

BINTI MUTHMAINAH, NIM 08420055 (2015) STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS I’DAD MADRASAH DINIYAH NURUL UMMAH PUTRI KOTAGEDE YOGYAKARTA 2014-2015. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS I’DAD MADRASAH DINIYAH NURUL UMMAH PUTRI KOTAGEDE YOGYAKARTA 2014-2015)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (17MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS I’DAD MADRASAH DINIYAH NURUL UMMAH PUTRI KOTAGEDE YOGYAKARTA 2014-2015)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang strategi pembelajaran Bahasa Arab yang diterapkan pada kelas I’dad Madrasah Diniyah Nurul Ummah Putri serta kelebihan dan kekurangan. Jenis penelitian lapangan yang bersifat deskriptif dengan model kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, dokumentasi dan observasi. Analisis data kualitatif di gunakan untuk mendeskripsikan kenyataan-kenyataan yang di peroleh dari hasil penelitian dan ditarik kesimpulan dari penelilitian. Hasil dari penelitiannya yaitu Srtategi Pembelajaran Bahasa Arab di Kelas I’dad Madrasah Diniyah Nurul Ummah Putri menggunakan strategi metode sorogan dan muhadastah. Proses penerapan strategi metode sorogan pembelajaran Bahasa Arab di kelas I’dad Madrasah Diniyah Nurul Ummah Putri dengan cara peserta didik menyetorkan hafalan di hadapan pendidik. Dan untuk penerapan strategi metode muhadastah yaitu dengan peserta didik aktif dalam pembelajaran Bahasa Arab di kelas, melalui percakapan Bahasa Arab, kuis dan syi’iran. Kelebihan dari strategi metode ini yaitu guru dapat mengecek hafalan kosakata bahasa arab peserta didik, dapat melatih mental peserta didik. Kekurangan dari strategi metode ini peserta didik Karena hafalannya bersifat individual, maka ketika sudah menyetorkan hafalannya dia akan ramai dibelakang. Ada beberapa peserta didik yang kesulitan dalam membaca tulisan arab, tidak semuanya dapat mengahafal dengan cepat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H Ahmad Rodli, M.SI
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran, bahasa Arab, Madrasah diniyah
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 07 Aug 2015 09:14
Last Modified: 07 Aug 2015 09:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16657

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum