IMPLEMENTASI MANAJEMEN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SMK MUHAMMADIYAH 1 PATUK GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2014/2015

RAHMI HANIFAH, NIM 11420022 (2015) IMPLEMENTASI MANAJEMEN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SMK MUHAMMADIYAH 1 PATUK GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI MANAJEMEN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SMK MUHAMMADIYAH 1 PATUK GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2014/2015)
BAB I,IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (21MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI MANAJEMEN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SMK MUHAMMADIYAH 1 PATUK GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2014/2015)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan manajemen pembelajaran bahasa Arab yang dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 1 Patuk Gunungkidul, untuk mengetahui problematika apa saja yang terdapat pada manajemen pembelajaran dalam pembelajaran bahasa Arab dan juga untuk mengetahui upaya apa saja yang dilakukan untuk mengatasi problematika manajemen pembelajaran yang ada dalam pembelajaran bahasa Arab di SMK Muhammadiyah 1 Patuk Gunungkidul. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan cara menggambarkan keadaan pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab di SMK Muhammadiyah 1 Patuk Gunungkidul secara fakta. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi peneliti, wawancara, dan dokumentasi secara langsung pada pengampu mata pelajaran bahasa Arab dan mengambil kesimpulan dengan memverifikasi data yang lebih mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Pembelajaran bahasa Arab yang berlangsung menunjukkan bahwa proses mengajar guru tidak didukung dengan manajemen pembelajaran berdasarkan Standar Proses 2). Problematika manajemen pembelajaran yang terjadi adalah sebagai berikut: Pertama, dalam merancang perencanaan pembelajaran guru belum membuat perencanaan secara keseluruhan. Kedua, pengorganisasian pembelajaran tidak berjalan secara baik karena pendekatan, strategi, metode, dan pengelolaan kelas tidak sesuai Standar Proses. Ketiga, pengarahan yang dilakukan, guru menjadikan dirinya sebagai fasilitator dan motivator pada siswa, akan tetapi belum dilakukan secara maksimal. Keempat, pengawasan yang dilakukan melalui sebuah penilaian pada hasil siswa belum berjalan secara seimbang 3). Beberapa upaya guru dalam mengatasi problem manajemen pembelajaran bahasa Arab diantaranya pihak sekolah berusaha melengkapi sarana prasarana penunjang pembelajaran bahasa Arab, dan mengusahakan untuk pengampu bahasa Arab akan diampu oleh guru yang sesuai bidangnya, guru berusaha membuat perencanaan pembelajaran secara rutin. Kata Kunci : Implementasi, Manajemen Pembelajaran, Bahasa Arab

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: R. Umi Baroroh, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Manajemen Pembelajaran, Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 07 Aug 2015 15:13
Last Modified: 07 Aug 2015 15:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16702

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum