EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN MENGGUNAKAN HURUF BRAILLE BAGI SISWA TUNANETRA DI MTs YAKERTUNIS YOGYAKARTA

UMI MUSLIMAH, NIM. 11470076 (2015) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN MENGGUNAKAN HURUF BRAILLE BAGI SISWA TUNANETRA DI MTs YAKERTUNIS YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
11470076_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text
11470076_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

UMI MUSLIMAH, Efektivitas Pembelajaran Membaca Al-Qur‟an dengan Menggunakan Huruf Braille bagi Siswa Tunanetra di MTs Yaketunis Yogyakarta: Jurusan Kependidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran Al- Qur‟an Braille, faktor-faktor pendukung dan penghambat pembelajaran, serta tingkat efektivitas pembelajaran membaca Al-Qur‟an dengan menggunakan huruf Braille bagi siswa penyandang tunanetra di MTs Yaketunis Yogyakarta. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan pendekatan humanistik. Metode pengumpulan data yang dilakukan anatara lain dengan menggunakan metode observasi, metode wawancara, metode dokumentasi dan metode tes. Data yang terkumpul kemudian diseleksi dan dianalisis melalui 1) pengumpulan data, 2) reduksi data, 3) Penyajian data, dan 4) Simpulan. Adapun penelitian ini menggunakan teknik pemeriksaan keabsahan data yaitu teknik trianggulasi data. Hasil penelitianini menunjukkan bahwa efektivitas pembelajaran membaca Al-Qur‟an dengan menggunakan huruf Braille bagi siswa tunanetra di MTs YaketunisYogyakarta dapat dilihat dari dua segi yaitu dari segi proses dan segi hasil. Melalui prosespembelajaran dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi yang telah dilakukan oleh peneliti maka rataratasiswa yang dapat membaca Al-Qur‟an sesuai dengan tajwid membutuhkan waktu kurang lebih 3,3 tahun, sedangkan dari segi hasil evaluasi siswa tunanetra mempunyairata-rata nilai 81,6 dengan tolok ukur sangat baik. Maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran membaca Al-Qur‟an dalam bentuk Braille di MTs Yaketunis Yogyakarta dapat dikatakan sudah efektif, dan berjalan sesuai dengan tujuan yang telah direncanakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Mangun Budiyanto, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, siswa penyandang tunanetra, pembelajaran membaca Al-Qur’an Braille
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 20 Aug 2015 15:55
Last Modified: 20 Aug 2015 15:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17023

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum