WACANA PELENGSERAN MUHAMMAD MURSI DALAM SURAT KABAR AL-MASRY AL-YOUM PERIODE JUNI DAN JULI 2013 (ANALISIS WACANA KRITIS)

ISNIYATUN NISWAH MZ, NIM.1320511072 (2015) WACANA PELENGSERAN MUHAMMAD MURSI DALAM SURAT KABAR AL-MASRY AL-YOUM PERIODE JUNI DAN JULI 2013 (ANALISIS WACANA KRITIS). Doctoral thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (WACANA PELENGSERAN MUHAMMAD MURSI DALAM SURAT KABAR AL-MASRY AL-YOUM PERIODE JUNI DAN JULI 2013 (ANALISIS WACANA KRITIS))
1320511072_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (WACANA PELENGSERAN MUHAMMAD MURSI DALAM SURAT KABAR AL-MASRY AL-YOUM PERIODE JUNI DAN JULI 2013 (ANALISIS WACANA KRITIS))
1320511072_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan kajian analisis wacana kritis yang membahas tentang wacana pelengseran Muhammad Mursi dan kelompok pendukungnya pada surat kabar online al-Mas}hry al-Youm. Penelitian ini memiliki tujuan menelaah struktur makro dan superstruktur pada wacana yang diberikatakan oleh surat surat kabar, kemudian menelaah tentang gaya bahasa yang dipakai oleh pembuat berita. Dalam penelitian ini, data diperoleh dari www. Al-Masry al-Youm, yang fokus pada bulan Juni dan Juli pada tahun 2013. Penelitian ini menggunakan teori analisis wacana kritis Van Dijk untuk membedah data. Penelitian ini hanya mengambil tiga langkah dari teori van Dijk, yakni struktur makro, superstruktur dan struktur mikro. Penelitian ini menggunakan metode deskripti-kualitatif, di mana terdapat tiga tahapan yang dilakukan oleh peneliti, di antaranya: pertama, tahap pengumpulan data, peneliti menggunakan metode simak dengan teknik simak bebas libat cakap terhadap surat kabar. Kedua, menganalisis data dengan menggunakan metode agih sehingga data dapat klasifikasikan kemudian dianalisis dengan menggunakan teori analisis wacana kritis yang digagas oleh Teeun A. van Dijk. Ketiga, penyediaan data yang dipaparkan dengan menggunakan bahasa yang biasa digunakan dalam penelitian. Hasil penelitian yang diperoleh adalah : pertama, dari struktur makro menunjukkan bahwa Muhammad Mursi dan kelompok pendukungnya merupakan kelompok yang dimarjinalkan, sehingga tema besar dalam surat kabar berupa keburukan-keburukan yang dilakukan oleh Muhammad Mursi dan kelompoknya. Kedua, dari superstruktur menunjukkan bahwa wacana-wacana yang dibangun oleh wartawan menunjukkan penentangan kepada Muhammad Mursi beserta kelompoknya, dan dibangun pencitraan pada dewan militer. Ketiga, pada aspek gaya bahasa, ditemukan kosa kata yang mengandung unsur negatif dalam membahasakan Mursi dan kelompoknya, dan sebaliknya, digunakan kosa kata yang mengandung unsur positif ketika membahasan tentang dewan militer beserta kelompok pendukungya. Kemudian digunakan kata ganti kata kami ketika menyebut nama Abdul Fatah el-Sisi (Panglima Angkatan Bersenjata) dan rakyat. Dari analisis data di atas, dapat diketahui bahwa surat kabar al-Masry al-Youm memiliki kecondongan kepada dewan militer Mesir dan penentang Muhammad Mursi beserta kelompok pengikutnya.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Additional Information: Bapak Dr. Hisyam Zaini, M.A,
Uncontrolled Keywords: analisis wacana kritis, struktur makro, superstruktur, struktur mikro, al- Masry al-Youm
Subjects: Agama Dan Filsafat
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Agama dan Filsafat
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 16 Sep 2015 15:20
Last Modified: 16 Sep 2015 15:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17163

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum