PENGARUH BAGI HASIL, LOKASI, DAN PELAYANAN TERHADAP PENGAJUAN PEMBIAYAAN MUḌĀRABAH (STUDI KASUS DI BMT TAMZIS KOTAGEDE)

MUHAMMAD KHOIRI AMIN, NIM. 10391037 (2015) PENGARUH BAGI HASIL, LOKASI, DAN PELAYANAN TERHADAP PENGAJUAN PEMBIAYAAN MUḌĀRABAH (STUDI KASUS DI BMT TAMZIS KOTAGEDE). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH BAGI HASIL, LOKASI, DAN PELAYANAN TERHADAP PENGAJUAN PEMBIAYAAN MUḌĀRABAH (STUDI KASUS DI BMT TAMZIS KOTAGEDE))
10391037_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH BAGI HASIL, LOKASI, DAN PELAYANAN TERHADAP PENGAJUAN PEMBIAYAAN MUḌĀRABAH (STUDI KASUS DI BMT TAMZIS KOTAGEDE))
10391037_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pembiayaan muḍārabah merupakan pembiayaan yang ditawarkan oleh BMT TAMZIS yang mana arti dari muḍārabah itu sendiri yaitu salah satu pihak, rabb al-māl (pemilik keuntungan dari suatu aset/ partner yang bersifat pasif), mempercayakan uang kepada pihak lain yang disebut muḍārib (yang dipercaya untuk mengelola uang) yang menggunakannya dengan tata cara yang telah disetujui sebelumnya. Dari situlah dipenelitian ini saya mengambil tiga variabel independen yaitu lokasi, bagi hasil dan pelayanan. Sedangkan untuk variabel dependen yaitu pembiayaan muḍārabah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah lokasi, bagi hasil, dan pelayanan berpengaruh terhadap pembiayaan muḍārabah di BMT TAMZIS Kotagede. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 50 responden. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, sumber data yaitu data primer. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner dengan cara membagikan pada nasabah/anggota BMT TAMZIS Kotagede. Metode analisis dan datanya menggunakan uji asumsi klasik, dan uji hipotesa (uji t dan uji F), serta pengolahan datanya menggunakan SPSS 16.0 for windows. Dari hasil pengujian yang dilakukan secara simultan (uji F) menunjukkan bahwa model berpengaruh positif dan signifikan yaitu pengajuan pembiayaan muḍārabah dipengaruhi secara bersama-sama oleh lokasi, bagi hasil, dan pelayanan dengan hasil signifikansi 0,00 < 0,05. Sedangkan untuk pengujian secara parsial (uji t) menunjukkan variabel lokasi tidak berpengaruh signifikan terhadap pengajuan pembiayaan muḍārabah dengan hasil 0,642 > 0,05, untuk variabel pelayanan juga tidak berpengaruh terhadap pengajuan pembiayaan muḍārabah dengan hasil 0,604 > 0,05, dan variabel bagi hasil menunjukkan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap pengajuan pembiayaan muḍārabah dengan hasil 0,000 > 0,05.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING: 1. Drs. A. YUSUF KHOIRUDDIN., S.E., M.Si. 2. Dr. IBNU MUHDIR., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Lokasi, Pelayanan, Bagi hasil, dan Pengajuan Pembiayaan Muḍārabah.
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Sep 2015 11:27
Last Modified: 22 Sep 2015 11:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17201

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum