IMPLEMENTASI PENILAIAN BERBASIS KELAS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MAN WONOKROMO BANTUL

DESSY GUSTINA, NIM. 02420985 (2007) IMPLEMENTASI PENILAIAN BERBASIS KELAS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MAN WONOKROMO BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PENILAIAN BERBASIS KELAS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MAN WONOKROMO BANTUL)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PENILAIAN BERBASIS KELAS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MAN WONOKROMO BANTUL)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui""bagaimana kesiapan guru dalam implementasi penilaian berbasis kelas, bagaimana pelaksanaan peni1aian berbasis kelas dalam pembelajaran bahasa Arab di MAN Wonokromo Bantu!, dan bagaimana hasil penilaian berbasis kelas baik itu pada ranah kognitif, ranah afektif, maupun ranah psikomotorik . Penilaian berbasis kelas atau PBK adalah sistem perulaian proses dan hasil belajar siswa yang berusaha mengangkat penilaian ranah kogitif , afek.1:if dan psikornotorik secara menyeluruh. Penelitian irn merupakan penelitian kualitatif dan jika dihhat dari segj tempat merupakan penelitian lapangan (field research) . Teknik analisa yang digunakan yaitu metode induktif dan metode lleduktif. Sedangkan pengumpulan data dilakukan denga rnetode observasi (pengamatan), interview (wawancara), dan dokumentas1. Hasil penelitian menunjukkan: l) Kesiapan guru bahasa Arab dalam imp1ementasi penilaian berbasis kelas sudah siap. lni t rlih t dari per iap n­ ptmdapan yang sudah d1lakukan guru sebelum melaksanakan kegiatan pembeiajaran dan penilaian berbasis kelas . Yaitu mengikuti workshop atau penataran-penataran yang diadakan oleh pihak sekolah, membuat rencana pembelajaran terkait dengan tema yang akan diajarkan di ke1as, meliputi: menentukan metode, strategi mengajar, menentukan jenis tagihan dan bentuk instrumen yang akan digunakan . 2) Pelaksanaan peni1aian berbasis kelas ranah kognitif d.alam pembelajaran bahasa Arab di MAN Wonokromo Bantul sudah sesuai dengan konsep PBK bahasa Arab Madrasah A1iyah yang ditetapkan oleh Departemen Agama RJ. Sedangk n pelaksanaan penilaian berbasis kelas ranah afektif dan psikomotorik dalam pembelajaran bahasa Arab di MAN Wonokromo Bantu! bel urn tepat atau sesuai dengan konsep PBK bahasa Arab Madrasah Aliyah yang di tetapkan oleh Departemen Agama Rl. 3) Hasil penilaian berbasis kelas pada ranah kognitif dalam pembelajaran bahasa Arab untuk nilai rata-rata tertinggi dicapai oleh ke1as X2 baik itu pada kompetensi dasar I, kompetensi dasar 2, nilai tugas, maupun Mid semester. Dari hasil penilaian berbasis kelas pada ranah afek.tifyang mellputi aspek sikap 1 dan sikap 2, ni1ai rata-rata tertinggj dicapai oleh kelas X2. Begiru juga hasil penilaian berbasis kelas pada ranah psikomotorik yang meliputi prnktek 1 dan praktek 2 untuk nilai rata-rata tertinggj di capai oleh keas X2. berdasarkan ..hasil wawancara dengan guru bahasa Arab dan hasil pengamatan penulis bahwa kelas X2 memiliki kemampuan yang paling tinggi di bandingkan dengan kelas X lainnya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Radjasa Mu'tasim
Uncontrolled Keywords: penilaian, bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 03 Nov 2015 08:08
Last Modified: 03 Nov 2015 08:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17442

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum