APLIKASI METODE MEMBACA DALAM PENGAJARAN KITAB BERBAHASA ARAB KELAS II DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU BINA ANAK SHALEH GIWANGAN YOGYAKARTA

SJTl KUMAIROH, NIM. 03420316 (2007) APLIKASI METODE MEMBACA DALAM PENGAJARAN KITAB BERBAHASA ARAB KELAS II DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU BINA ANAK SHALEH GIWANGAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (APLIKASI METODE MEMBACA DALAM PENGAJARAN KITAB BERBAHASA ARAB KELAS II DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU BINA ANAK SHALEH GIWANGAN YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (14MB) | Preview
[img] Text (APLIKASI METODE MEMBACA DALAM PENGAJARAN KITAB BERBAHASA ARAB KELAS II DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU BINA ANAK SHALEH GIWANGAN YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

Penyusunan ini berkenaan dengan adanya metode membaca dalam pembelajaran bahasa Arab pada siswa kelas II di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Bina Anak Sholeh Giwangan Yogyakarta. Penelitian ini menarik untuk dilakukan karena dalam pelaksanaan pengajaran rnembaca bisa dikatakan berjalan dengan sukses jika tujuan pembelajaran metode membaca dapat tercapai secara maksirnal. Sebagaimana kita ketahui, pada dasarnya seriap pengajaran bahasa arab bertujuan agar siswa mcmiliki empat kemahiran dalam berbahasa yaitu: kemahiran menyimak, kemahiran berbicara, kemahiran mcmbaca dan kemahiran menulis. Sehubungan dengan kemahiran membaca, penulis beranggapan bahwa metode membaca ini sangat berguna dalam rangka menjawab tuntutan kemajuan manusia kontemporer yang senantiasa dijejali dengan ribuan bacaan tiap harinya. Dengan rnetode membaca terbukalah pintu komunikasi dalam menggali ilmu pengetahuan. Karena bila seseorang tidak memiliki ketrampilan membaca cepat, ia akan tertinggal dengan kereta modemitas. Membaca adalah kebutuhan praktis yang senyatanya diperlukan dalam memenul"li kebutuhan zaman. Namun demikian, karena metode ini sangat memprioritaskan pada kemampuan membaca, maka tentu saja akan menjadi lemah pada kemampuan yang lain, kemahiran menyimak dan kemahiran berbicara. Adapun metode yang digunakan penulis dalam penilitian ini adalah metode penelitian lapangan (fiel research). Sifat penelitian ini adalh penelitian kualitatif. Sedangkan dalam pengumpulan data penulis mengadakan pengamatan, observasi, wawancara, angket dan metode tes. Adapun data yang diperoleh penulis bersumber dari kepala sekolah, guru bahasa arab dan siswa kelas II. Selain itu juga dari data yang berupa dokumen-dokumen dan literatur-literatur yang relevan. Berdasarkan penelitian, penyusun mendapatkan beberapa kesimpulan, yaitu: Pertama, Proses pengajaran bahasa arab dengan metode membaca belum optimal karena konsep dalam metode membaca belum terlakasanakan semua. Kedua, kesulitan yang dihadapi dalam metode membaca adalah kurangnya alokasi waktu, kurangnya modal dasar siswa dalam mempelajari bahasa arab, ketika proses belajar-mengajar berlangsung banyak siswa yang tertidur. Ketiga, solusi terhadap kesulitan tersebut adalah menambah jam pelajaran bahasa arab diasrama yang diadakan seminggu dua kali pada jam 06.00 - 07.00 tiap hari kamis dan jum'at, dan menyuruh siswa untuk segera berwudhu bagi siswa yang mengantuk.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Muallif Sahlani, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: aplikasi, metode membaca, bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 04 Nov 2015 08:17
Last Modified: 04 Nov 2015 08:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17626

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum