MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DOSEN BAHASA ARAB (Studi Kasus di Program Pembelajaran Bahasa Arab Intensif UPB STAIN Pekalongan)

MUHAMMAD ULIL FAHMI, NIM: 1320410100 (2015) MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DOSEN BAHASA ARAB (Studi Kasus di Program Pembelajaran Bahasa Arab Intensif UPB STAIN Pekalongan). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DOSEN BAHASA ARAB (Studi Kasus di Program Pembelajaran Bahasa Arab Intensif UPB STAIN Pekalongan))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DOSEN BAHASA ARAB (Studi Kasus di Program Pembelajaran Bahasa Arab Intensif UPB STAIN Pekalongan))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Program Pembelajaran Bahasa Arab Intensif UPB STAIN Pekalongan mempunyai misi meningkatkan mutu pembelajaran bahasa Arab di STAIN Pekalongan. Mutu yang dimaksud adalah dalam hal pengelolaan program dan mutu penguasaan mahasiswa terhadap bahasa Arab. Untuk mencapai misi tersebut pasti dibutuhkan sumber daya manusia dosen yang mumpuni di bidang tersebut. Namun data yang peneliti dapat bahwa masih banyak dosen yang bukan berlatar belakang lulusan PBA dan banyak dosen yang secara kualifikasi akademik masih lulusan sarjana. Dari permasalahan yang telah diungkapkan, maka menurut peneliti permasalahan tersebut menarik untuk diteliti lebih jauh dengan rumusan masalah: 1) Bagaimana perencanaan SDM dosen bahasa di Program Pembelajaran Bahasa Arab Intensif UPB STAIN Pekalongan? 2) Bagaimana rekrutmen dan seleksi SDM dosen bahasa di Program Pembelajaran Bahasa Arab Intensif UPB STAIN Pekalongan? 3) Bagaimana pelatihan dan pengembangan SDM dosen bahasa di Program Pembelajaran Bahasa Arab Intensif UPB STAIN Pekalongan? Penelitian ini merupakan penelitian berbentuk field research atau penelitian lapangan yang bersifat kualitatif dan menggambil objek penelitian di Program Pembelajaran Bahasa Arab Intensif UPB STAIN Pekalongan. Pengumpulan data dilakukan dengan mendeskripsikan data-data yang diperoleh dari beberapa teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan: 1) Perencanaan SDM dosen bahasa Arab di Program Pembelajaran Bahasa Arab Intensif UPB STAIN Pekalongan meliputi: Pertama melakukan analisis kebutuhan SDM dosen. Kedua melakukan proses kegiatan menganalisis kekuatan internal Ketiga menyusun dan melaksanakan rencana agar kebutuhan SDM dosen terpenuhi. 2) Proses rekrutmen yang dilakukan mencakup: Pertama, rekrutmen tenaga dosen tetap atau PNS dan rekrutmen dosen tidak tetap atau honorer dari luar oleh, Kedua, menentukan persyaratan yang dibutuhkan bagi calon dosen dari luar. Ketiga, menentukan sumber dan metode rekrutmen. Adapun proses seleksi yang dilakukan adalah: Pertama, melalui kelengkapan administrasi. Kedua, melalui tes tertulis. Ketiga, melalui tes wawancara. Keempat, melalui tes mikro teaching. 3) Pelatihan dan Pengembangan nya sebagai berikut: Pertama, Pelatihan Al-‘Arobiyyah Baina Yadaik, Kedua, Pelatihan pembuatan soal-soal TOAFL, Ketiga, Pengembangan metode pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan kitab Al-Mu’ashiroh. Kata Kunci: Manajemen, Sumber Daya Manusia, Dosen Bahasa Arab

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Abdul Munip, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Sumber Daya Manusia, Dosen Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 22 Oct 2015 11:13
Last Modified: 22 Oct 2015 11:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17628

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum