PENGEMBANGAN MODUL BAHASA ARAB (MAHARAH AL KALAM) SISWA KELAS X MAN YOGYAKARTA III TAHUN PELAJARAN 2014/2015

M. FAUZAN BUDI SANTOSO, NIM : 1320410121 (2015) PENGEMBANGAN MODUL BAHASA ARAB (MAHARAH AL KALAM) SISWA KELAS X MAN YOGYAKARTA III TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL BAHASA ARAB (MAHARAH AL KALAM) SISWA KELAS X MAN YOGYAKARTA III TAHUN PELAJARAN 2014/2015)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL BAHASA ARAB (MAHARAH AL KALAM) SISWA KELAS X MAN YOGYAKARTA III TAHUN PELAJARAN 2014/2015)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pada saat sekarang ini, model pembelajaran tradisional, dimana guru menjadi pusat pembelajaran sudah kurang relevan lagi untuk diterapkan. Sehingga seorang guru dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif menggunakan model, metode maupun sumber belajar dalam proses belajar mengajar. Salah satu sumber belajar yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran adalah buku paket. Akan tetapi, hanya dengan buku paket saja belum cukup membantu siswa untuk dapat memahami secara mendalam dan menyeluruh. Sehingga perlu sumber belajar lain untuk penunjang dan mempermudah siswa dalam memahami materi yang akan dipelajari. Dalam penelitian ini, peneliti akan mengembangkan modul pembel aj aran bahasa Arab (Mahārah al Kalām) siswa kelas X MAN Yogyakarta III Tahun Pelajaran 2014/2015. Modul ini disusun secara sistematis sebagai bahan ajar penunjang belajar siswa. Bagian depan modul ini terdiri dari halaman judul, daftar isi, dan kata pengantar. Bagian k e d u a b e r u p a materi inti Mahārah al Kalām, dan bagian akhir berupa evaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) prosedur pembuatan modul bahasa Arab (Mahārah al Kalām) siswa kelas X MAN Yogyakarta III Tahun Pelajaran 2014/2015, 2) kelayakan modul bahasa Arab (Mahārah al Kalām) siswa kelas X MAN Yogyakarta III Tahun Pelajaran 2014/2015, 3) modul yang dikembangkan dapat mendukung dan menunjang pencapaian Mahārah al Kalām dalam rangka menciptakan lingkungan berbahasa aktif di MAN Yogyakarta III. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan penelitian pengembangan. Uji lapangan dilaksanakan di MAN Yogyakarta III. Prosedur penelitian ini adalah: (1) menganalisis kebutuhan, (2) merumuskan tujuan, (3) mengembangkan materi, (4) memproduksi media, (5) memvalidasi, (6) melakukan uji coba lapangan, dan (7) merevisi. Berdasarkan Uji Validasi ahli materi dan ahli media, serta hasil uji coba lapangan di MAN Yogyakarta III yang telah peneliti lakukan, dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran bahasa Arab ini sudah bisa dikategorikan baik. Modul ini mempunyai beberapa kelebihan diantaranya: (a) sistematika penulisan dari segi teks, font, ukuran dan warna jelas dan mudah dibaca, (b) mudah dipahami, dan (c) skematika penyusunan modul tidak jauh beda dengan buku ajar, sehingga siswa sudah tidak asing dalam hal penggunaan. Di samping itu ada beberapa kelemahan yang terdapat dalam modul ini, antara lain: (a) sedikitnya kosa kata yang terdapat pada setiap materi, (b) beberapa penjelasan dari materi kurang bisa memahamkan siswa, dan (c) kurangnya variasi tema di setiap materinya

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Prof. Dr. H. Nizar Ali, M.A.,
Uncontrolled Keywords: PENGEMBANGAN MODUL BAHASA ARAB
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 22 Oct 2015 11:14
Last Modified: 22 Oct 2015 11:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17635

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum